Follow Us

Benarkah Binatang Bisa Merespons Musik Seperti Halnya Manusia?

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 22 Juli 2021 | 07:13
Ilustrasi binatang mendengarkan musik.
João & Raquel/Wikimedia

Ilustrasi binatang mendengarkan musik.

HAI-Online.com – Musik menjadi sesuatu yang nggak bisa lepas dari kehidupan manusia. Bahkan denting sendok pada gelas teh kita pun bisa menjadi musik.

Namun apakah binatang juga merasakan hal yang sama seperti manusia saat mendengar musik? Hingga saat ini belum ada penelitian yang menyimpulkan secara pasti soal hal tersebut.

Baca Juga: Unjuk Rasa Tolak PPKM Lanjutan di Bandung Ricuh, Ojol Minta Buka Jalan, Pelajar SMA dan Pengangguran Paling Banyak Tertangkap

Meski begitu, topik semacam itu sebenarnya udah berkembang sejak lama.

Pada bulan Juli 1921, Popular Science meliput salah satu interlude di Central Park Menagerie Kota New York yang sekarang dikenal sebagai Kebun Binatang.

"Beruang kutub menunjukkan keheranan," dan serigala kecil yang jinak "berlari liar, panik." Sementara itu anehnya, gajah justru tampak nggak terpengaruh.

Tujuan demonstrasi tersebut, menurut sebuah akun di The New York Times, adalah ”untuk mengukur kurang lebih secara ilmiah pengaruh musik hutan terhadap hewan”.

Baca Juga: Peneliti Sebut Musik Black dan Death Metal Cocok buat Didengerin Saat Coding

“Saat itu ada beberapa teori samar tentang lagu dan musik hewan,” kata Emily Doolittle, seorang komposer dan ahli zoomusikologi yang mengkhususkan diri pada burung penyanyi.

Sejak saat itu, para ilmuwan, mulai dari ahli saraf hingga dokter hewan telah menggali untuk mencari tahu nada mana yang ingin didengar oleh para binatang.

Pada tahun 1996, ketika sebuah tim di Southwest Foundation for Biomedical Research memutar radio untuk babon, detak jantung mereka melambat.

Popular Science juga memaparkan sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan di Brain Research yang menunjukkan bahwa mendengarkan Mozart mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 15 persen pada beberapa hewan pengerat.

Source : Popular Science

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest