Follow Us

Inilah Website Pertama yang Diluncurkan di Dunia Maya 30 Tahun Lalu, Seperti Apa Tampilannya?

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 07 Agustus 2021 | 16:30
Tim Berners-Lee yang dijuluki sebagai
CERN

Tim Berners-Lee yang dijuluki sebagai

HAI-Online.com – Pada 6 Agustus 1991, website pertama di dunia resmi mengudara ke dunia maya. Gimana penampakannya?

Tentunya kalian nggak bisa ngarepin tampilan yang menarik dan eye-catching, website pertama di dunia tersebut bahkan lebih mirip dokumen word dengan beberapa link yang disisipkan, tanpa gambar atau background sama sekali.

Website tersebut dibuat oleh Tim Berners-Lee yang sekarang dijuluki sebagai “Bapak Internet” dengan alamat URL http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html yang berisi panduan soal gimana caranya membuat laman web dan elemen hypertext.

Menariknya, website yang dirancang menggunakan komputer NeXT milik organisasi riset nuklir Eropa CERN tersebut disebut sama sekali nggak berubah sejak pertama kali diluncurkan 30 tahun silam, baik itu dari isi informasi maupun desainnya.

Melansir Business Insider, Website ini dirancang Tim saat ia bekerja di CERN setelah lulus dari Queen's College jurusan Fisika pada 1976.

Begini tampilan website yang pertama kali diluncurkan. Minimalis abis!
Tangkapan layar info.cern.ch

Begini tampilan website yang pertama kali diluncurkan. Minimalis abis!

Baca Juga: Ada di Mana-mana, Begini Asal-Usul Mangkuk Ayam Jago Khas Tukang Bakso & Mie Ayam

Nah saat tengah bekerja sebagai rekanan peneliti di CERN pada 1984, Tim memang ingin membuat sebuah software yang mampu memfasilitasi dan memudahkan pertukaran dokumen atau informasi menjadi lebih mudah antar peneliti di seluruh dunia.

Melihat perkembangan internet yang sedang pesat saat itu, ia memprediksi pekerjaannya akan lebih sulit kalo ia nggak menciptakan software ini di kemudian hari.

Akhirnya, terciptalah gagasan dari Tim untuk menyatukan teknologi yang ada demi membangun sistem dokumentasi informasi yang besar.

Pada 1989, Tim membuat sebuah proposal proyek software sesuai visinya. Proposal itu diserahkan kepada manajernya, Mike Sendall, dan diterima. Sendall mengatakan bahwa proyek yang diusulkan Tim sebagai proyek yang "meragukan, tapi menggairahkan".

Proposal Tim itu diberi nama Web atau lengkapnya World Wide Web (WWW) yang kita kenal sampai sekarang.

Sebenarnya tahun 1980, Tim juga pernah mencoba membuat prototipe software dengan konsep serupa bernama "Enquire". Namun, proposal itu ditolak dan nggak pernah dipublikasi. Singkat cerita, Tim berhasil mewujudkan proyek World Wide Web dalam bentuk peramban (browser) web pertama di dunia.

Browser sekaligus editor web itu diberi nama WorldWideWeb dengan format penulisan tanpa spasi. Kemudian pada Desember 1990, Tim juga membuat situs web pertama di dunia yang beralamat di info.cern.ch dan merilisnya di internet pada 6 Agustus 1991. (*)

Baca Juga: Seperti Mesin Waktu, Pekerja di Liverpool Nggak Sengaja Nemu Artefak Menu Kafe dari 1913

Source : Business Insider

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest