Follow Us

Ada di Mana-mana, Begini Asal-Usul Mangkuk Ayam Jago Khas Tukang Bakso & Mie Ayam

Bagas Rahadian - Selasa, 25 Mei 2021 | 16:00
Mangkuk ayam jago di rumah batik Liem Ping Wie, Pekalongan.
Agni Malagina

Mangkuk ayam jago di rumah batik Liem Ping Wie, Pekalongan.

HAI-Online.com - Buat penggemar makanan berkuah macam mie ayam ataupun bakso, kayaknya nggak bakal asing sama mangkuk bergambar ayam jago.

Yap! Buat generasi yang tumbuh di era 70 dan 80-an pastinya familiar dengan keberadaan mangkok ini. Bagi mereka, mangkuk ayam jago bisa lekat banget sama pengalaman menyantap bakso di warung favorit maupun pinggir jalan.

Uniknya, di masa sekarang, gambar ayam jago legendaris justru banyak jadi inspirasi di sejumlah medium kreatif.

Tentu lo tau, banyak produk-produk kekinian khas anak muda seperti tas, kaos, topi, selendang, sarung bantal hingga selampai mengusung desain mangkuk ayam jago ini.

Penggemarnya pun tak kalah heboh. Mereka menunjukkan rasa bangganya dengan melakukan swafoto bersama barang-barang bergambar ayam jago.

Ada pula beberapa produsen alat makan yang memproduksi varian mangkuk dan piring bergambar sang ayam jago.

Melihat hal itu, produsen asli mangkuk ayam jago mengimbau agar pengusaha lain tidak menggunakan desain gambar yang sama. Ini terkait dengan hak cipta perusahaan dari PT Lucky Indah Keramik.

Kisah si mangkuk ayam jago

Di negara asalnya, Tiongkok, mangkuk ini tidak hanya tenar sebagai perangkat makan sehari-hari. Ia juga terkenal karena sering menjadi properti di film-film Hong Kong karya Stephen Chow pada tahun 90-an.

Tidak hanya itu, mangkuk ayam jago merupakan perangkat makan yang wajib digunakan sebagai ‘seserahan’ dalam upacara pernikahan di Tiongkok.

Orang Kanton biasa menyebutnya dengan Jigongwan, penduduk di wilayah Tiongkok bagian utara Gongjiwan, sementara mereka yang berdialek Minnan atau tinggal di Tiongkok bagian selatan memanggilnya Jijiaowan.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest