Follow Us

HAI Demos: Rapalan Cerdas 'tuk Suarakan Anti Kemapanan Ala Ayat Astral

Mohammad Farras Fauzi - Rabu, 04 Agustus 2021 | 21:00
Ayat Astral
Ayat Astral

Ayat Astral

HAI-ONLINE.COM - Jatinangor nampaknya masih menjadi sebuah kecamatan mikro di perbatasan kota Bandung dan Kabupaten Sumedang yang rajin untuk menyumbangkan talenta-talenta terbaiknya, khususnya di ranah musik.

Aura dingin khas kaki pegunungan di Jatinangor emang nggak pernah semurni itu. Debu dan asap industri dari kecamatan sebelah berpadu sempurna dengan gerahnya udara di siang hari berkat jejalan ribuan pemuda tanggung yang tiap tahunnya hilir mudik mengisi riuhnya area serba nanggung ini.

Namun semua dinamika yang serba kompleks itulah yang menjadi bensin utama bagi para pelaku seni di Jatinangor untuk menelurkan karya terbaik mereka, meski kini mungkin momen yang dirasakan cukup berbeda karena pandemi.

Baca Juga: Banyak Yang Belum Tahu, Ternyata Ini Dia Arti Nama The Panasdalam-nya Pidi Baiq

Sebut saja nama-nama seperti Bottlesmoker, The Panturas, Jon Kastella, hingga Oscar Lolang dan tentu saja sang legenda Pidi Baiq bersama The Panasdalam-nya.

Semua nama di atas adalah hasil tempaan dan didikan dari Jatinangor yang dipenuhi dengan asas egaliter di antara interaksi penduduk lokal dan pendatangnya.

Setelah berhasil menggali secuil bakat baru lewat nama Walrush beberapa waktu lalu, kini mutiara tersebut akhirnya muncul kembali di Jatinangor.

Baca Juga: HAI Demos: Walrush, Penerus Kejayaan Skena Musik Independen Jatinangor

Sosok pemuda bernama Ilham Ramadhan, atau yang biasa dikenal sebagai Kunts menjadi penerus estafet bagi kultur keren di kecamatan ini.

Ditemani oleh Haekal Alawy (Drum) dan Steven Leonidas (Bass), mereka bertiga membentuk sebuah grup musik bernama Ayat Astral dengan bekal kegemaran atas musik punk dan siaran animasi yang absurd bin nyeleneh.

Kalo ditilik dari segi musikalitasnya, Ayat Astral tentu saja banyak bermain-main dengan raungan distorsi gitar down-tuned, dilengkapi dengan lirik bahasa Indonesia - jika nggak teliti bisa terdengar agak cringe, tapi diksi yang mereka pilih nyatanya cukup cerdas.

Menurut penelusuran singkat saya, Ayat Astral terlihat baru menelurkan dua single yakni 'Menari Dalam Bahaya' dan yang terbaru berjudul 'Manic', baru dirilis pada 30 Juli kemarin.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest