Follow Us

Banyak Yang Belum Tahu, Ternyata Ini Dia Arti Nama The Panasdalam-nya Pidi Baiq

Dok Grid - Senin, 05 Februari 2024 | 13:30
Pidi Baiq, pemilik band The Panasdalam, saat mengisi acara di SMAN 78 Jakarta
Hai Online

Pidi Baiq, pemilik band The Panasdalam, saat mengisi acara di SMAN 78 Jakarta

Pidi Baiq rasanya udah bukan nama asing lagi di telinga kita para pelajar. Yap, buku-bukunya yang paling nge-hits, yakni Dilan, Dilan 2, dan Milea, bisa dipastikan jadi favorit semua remaja. Katanya, kisah cintanya bikin baper. Katanya, Dilan sukses bikin cewek-cewek meleleh banget. Katanya, Milea kok bikin geregetan banget. Macam-macam lah tanggapan pembacanya.

Ya, lepas dari karakter Dilan dan Milea, ternyata penulisnya sendiri, yakni Pidi Baiq, juga punya banyak keunikan, nih. Selain tindak-tanduknya yang kadang nyeleneh kalo lagi jadi bintang tamu berbagai acara, Pidi Baiq juga jago nyanyi dan metik gitar. Terus, bukan cuma bikin buku yang sukses jadi best-seller, Pidi Baiq yang biasa dipanggil “ayah” ternyata juga merupakan penggagas sebuah band. The Panasdalam namanya.

Nah, buat yang belum tahu, ternyata ini dia arti nama The Panas dalam-nya Pidi Baiq. Sejarah yang diceritain beliau juga pasti bikin kita geleng-geleng. Haduh!

“Jadi, The Panasdalam itu akronim sebetulnya. The-nya dari Atheis, pa-nya dari Paganisme, itu yang menyembah gitu, bukan Tuhan, nas-nya dari Nasrani, da-nya dari Hindu Buddha, lam-nya dari Islam, begitu,” jelas ayah Pidi Baiq waktu lagi jadi bintang tamu di SMAN 78 Jakarta beberapa saat lalu.

Doi juga ngelanjutin, kalo sebetulnya The Panasdalam itu dulunya dibentuk dengan nama NKRTPD (Negara Kesatuan Republik The Panasdalam). Pasalnya, The Panasdalam emang dulu bukan dibikin langsung dalam format band, melainkan sebagai negara “tetangga” Indonesia. Sebagaimana kami kutip dalam blognya ayah Pidi, The Panasdalam itu didirikan tanggal 18 Agustus 1995 di salah satu ruangan kuliah yang ada di kampus ITB (Institut Teknologi Bandung).

Katanya ayah Pidi lagi, NKRTPD dulunya memisahkan diri dari NKRI, sebagai bentuk pelampiasan dari rasa kecewa terhadap pemimpin Indonesia saat itu. Ya, penjelasannya emang rada nyeleneh kalo lo baca di blognya. Namanya juga Pidi Baiq kan ya.

Terus, seiring berjalannya waktu, The Panasdalam juga rupanya sering mengalami perubahan nama. Namun satu hal yang pasti, The Panasdalam tetep mengusung keunikan yang bikin geleng-geleng sampe sekarang.

Editor : optimization

Latest