Follow Us

Once Ngaku Harus Menyesuaikan Diri dengan Style Bernyanyi di Dewa 19

Ferry Budi Saputra - Senin, 02 Agustus 2021 | 16:50
Dewa 19
HAI

Dewa 19

HAI-Online.com - Eks vokalis Dewa 19, Once mengungkapkan perasaannya saat awal bergabung dengan band yang telah membesarkan namanya tersebut.

Baca Juga: Once Bawa Pengaruh untuk Dewa 19 di Album Bintang Lima, Ahmad Dhani: Dewa dan Aransemennya Mahal Setelah Once Masuk

Once mengungkapkan bukan hanya Dewa 19 yang mencoba menyesuaikan ke dia, tetapi dirinya juga harus menyesuaikan diri dengan band itu.

"Waktu awal gue kan nyanyi lagu keras gitu, waktu di Dewa gue harus menyesuaikan diri bernyanyi dengan style-nya Dewa, dia lebih pop rock. Terus nadanya relatif lebih sulit," ucapnya kepada Pongki Barata pada Maret 2021, di channel YouTube Pongki Barata Songs.

Dia mengatakan kalau dalam satu band itu perlu saling menyesuaikan diri satu sama lain, termasuk seperti yang dia lakukan di Dewa 19.

"Istilahnya lo punya perpustakaan melody lo kayak gimana sih, perpustakaan melody gue kan di otak gue begini gitu loh. Kita bertemu dalam satu band itu nggak mudah gitu. Jadi masing-masing menyesuaikan diri juga," ucapnya.

Mengenai nada yang menurutnya relatif sulit di Dewa 19, Once menjelaskan kalau Ahmad Dhani sering pakai nada-nada semi tone.

Baca Juga: Lagu Dewa 19 Separuh Nafas Lebih Ngetop Dibanding Roman Picisan, Once: Gue Ketawa-ketawa

"Semi tone itu setengah-setengah gitu loh. Dia punya pengaruh jazz yang kuat itu Dhani, Andra juga," ucapnya.

"Tapi yang terjadi di Dewa adalah mereka bisa membuat itu menjadi rumus bagus untuk lagu pop rock gitu. Tapi, itu membuat gue lumayan sulit juga tuh menyanyi," tambahnya.

Menanggapi penjelasan Once, Pongki mengatakan kalau hal itu terjadi (pilihan nada) karena Ahmad Dhani merupakan pemain keyboard yang kaya akan nada.

"Jadi dia range vokalnya beda dengan pemain gitar bikin notasinya. Jadinya kan ada tambahan not di kelingking. Naitu yang membedakannya," ucap Pongki.

Once mengatakan kalau pilihan nada di Dewa termasuk baru untuknya, bukan apa yang sudah dia kenal bertahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, dia mencoba untuk menyesuaikan diri saat masuk di Dewa 19. (*)

Baca Juga: Pertama Kali Lihat Once Tampil Sebelum Gabung Dewa 19, Andra: Gila Suaranya...

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest