Follow Us

Kemenkes Sebut Vaksin Apa Saja yang Efektif Lawan Varian Delta

Ferry Budi Saputra - Kamis, 29 Juli 2021 | 18:45
Ilustrasi Vaksin Covid-19

Ilustrasi Vaksin Covid-19

HAI-Online.com - Mungkin ada yang bertanya-tanya tentang jenis vaksin apa yang bisa mencegah Covid-19 varian delta.

Pasalanya vaksin Covid-19 ada begitu banyak jenisnya, mungkin ini menjadi kekhawatiran sendiri bagi beberapa orang yang sudah melakukan vaksinasi.

Baca Juga: Usir Stres saat Pandemi, Lakukan Meditasi Pernapasan yang Punya 5 Manfaat Baik Ini

Terkait hal itu, juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, semua vaksin Covid-19 saat ini efektif melawan semua varian virus corona termasuk varian Delta.

"Vaksin yang ada, sampai saat ini masih sangat efektif melawan semua varian atau mutasi virus yang ada. Termasuk varian Delta yang kemarin bikin lonjakan kasus yang signifikan dalam 3 minggu belakangan," ujar Nadia dikutip dari Kompas.com, saat diskusi virtual yang ditayangkan melalui YouTube FMB9ID_ IKP, Selasa (27/7/2021).

Nadia menyebut hingga saat ini belum ada bukti ilmiah maupun jurnal medis yang mengatakan jenis vaksin tertentu sudah tidak efektif lagi.

Kata Nadia, justru WHO mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 agar kekebalan kelompok atau herd immunity terbentuk.

"Malah kemudian WHO mengatakan ayo percepat vaksin supaya segera kekebalan kelompok itu terjadi dan dengan percepatan vaksinasi, orang yang akan tertular makin sedikit dan tentunya mutasi atau varian baru itu bisa kita cegah untuk muncul," kata Nadia.

Baca Juga: Kentut Diyakini Bisa Sebarkan Covid-19, Sejumlah Pejabat Mengamini, Ilmuwan Belum Konfirmasi

Data perawatan pasien Covid-19 di Rumah Sakit periode Mei-Juli 2021 menunjukkan bahwa 90 persen dari orang yang sudah divaksin dosis pertama sembuh usai terpapar Covid-19, sementara 96 persen orang yang divaksin penuh berhasil sembuh dari corona.

"Kalau pasien Covid-19 yang sudah mendapat dosis pertama 90 persen ini sembuh dan dari 96 persen yang sudah mendapat vaksin secara lengkap itu sembuh 100 persen," jelasnya.

Nadia juga menjelaskan bahwa efek perlindungan terhadap pasien covid-19 yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19 dosis lengkap itu benar-benar bisa melindungi risiko dari kematian itu hingga 73 persen. Sementara pasien Covid-19 yang belum mendapatkan vaksin sama sekali hanya 84 persen yang sembuh.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest