Follow Us

Ngintip Tren Honbap, Budaya Makan Sendirian Bukan Cuma untuk Jomlo, yang Berpasangan Juga Lakukan Ini di Korea

Al Sobry - Rabu, 28 Juli 2021 | 14:18
Ngintip Tren Honbap, Budaya Makan Sendirian Bukan Cuma untuk Jomlo, yang Berpasangan Juga Lakukan Ini di Korea
Istock

Ngintip Tren Honbap, Budaya Makan Sendirian Bukan Cuma untuk Jomlo, yang Berpasangan Juga Lakukan Ini di Korea

HAI-Online.com - Makan nggak makan yang penting kumpul, itu sih budaya kita. Apalagi kalo makan besar, pastinya makan bersama ini adalah kegiatan yang menyenangkan.

Namun, di Korea masa kini muncul budaya baru di mana orang-orang memilih untuk makan sendirian. Yap, budaya makan sendiri ini dikenal dengan nama “Honbap”.

Melansir dari KompasTV, “Honbap” adalah gabungan dari kata Korea yang artinya 'Sendiri' dan 'Makanan'.

Hal ini mungkin terdengar aneh, karena biasanya orang akan lebih memilih makan bersama dan menghindari makan sendiri, terutama saat di luar rumah.

Kok bisa jadi tren? Mungkin banyak dari kita yang mengaitkam legiatan makan sendiri ini untuk prokes, mejaga jarak agar pandemi selesai dan sebagainya.

Padahal, dikutip dari Data Spring, “Honbap” yang dahulunya dianggap tabu bagi orang Korea punya makna awal bahwa orang-orang yang makan sendirian ini dianggap mengalami kehidupan sosial yang buruk.

Akan tetapi kini, “Honbap” justru semakin banyak diminati dan dilakukan orang Korea. Mereka biasanya punya tujuan khusus melakukan “Honbap” yang kebanyakan dilakukan ketika waktu makan malam.

Apa tujuannya? Nah, mengutip dari The Week, bisa dikatakan bahwa “Honbap” adalah cara efektif meluangkan waktu berkualitas untuk diri sendiri (me time) dan melepaskan diri dari tekanan sehari-hari.

Tren ini seperti disebutkan oleh CJ, sebuahbmedia makanan dna hiburan memgatakan, budaya makan sendiri (honbap) tidak hanya dilakukan oleh lajang. Orang yang sudah berkeluarga sekalipun sering melakukan honbap. Kondisi tersebut menjelaskan bahwa "honbap" sudah umum dilakukan di Korea.

Baca Juga: Viral Kertas Hasil Swab Positif Covid-19 Jadi Bungkus Gorengan, Berbahayakah?

Adapun beberapa restoran sudah mengikuti tren ini, restoran tersebut menawarkan makan di dalam sebuah bilik kecil, atau meja yang dibatasi agar tidak terlihat satu sama lain dengan para pengunjung lainnya.

Hasil survey juga menyebutkan, biasanya orang-orang yang melakukan "honbap" lebih memilih paket makanan yang sederhana seperti olahan telur, ramyun, dan olahan daging.

Apa kamu termasuk yang sering honbap, belakangan ini? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest