Follow Us

Cerita Musik Dewa 19 di Album Pertama yang Terinspirasi dari Band Luar, Ahmad Dhani: Yang Jadi Acuan Nggak Harus Terkenal

Ferry Budi Saputra - Selasa, 27 Juli 2021 | 14:00
Ahmad Dhani dan cover album perdana Dewa 19.
HAI

Ahmad Dhani dan cover album perdana Dewa 19.

HAI-Online.com - Ahmad Dhani mengungkapkan band luar mana saja yang menginspirasi Dewa 19 dalam membuat album pertama '19'.

Baca Juga: Cerita Lagu Kirana Dewa 19 Salah Kunci, Ahmad Dhani: Nggak Enak, Take Ulang Lagi Semua

Ahmad Dhani mengatakan saat membuat album pertama Dewa 19, mereka banyak terinspirasi oleh musik dari band ternama kala itu seperti Toto dan Chicago.

Terkait perbedaan musik di album pertama dan sekarang, dia mengatakan kalau Dewa 19 musiknya lebih Chicago sekarang dibanding dulu, "Dewa 19 kan sekarang pake brass, kalo dulu kan nggak pake brass, ya lebih Chicago lagi sekarang gitu," ucapnya dalam channel YouTube Rian Ekky Pradipta.

Melanjutkan musik yang menginspirasi Dewa 19 di album pertama, ternyata ada juga pengaruh dari band luar lainnya, "Ada yang namanya Rock Shoes. Tahun itu jadi salah satu acuan, nggak harus terkenal," ungkapnya. Selain itu, musisi lainnya yang menjadi acuan Dewa 19 saat itu adalah Saint Paul.

Ketika ditanya mengapa pada album Format Masa Depan (1994) selera musik Dewa 19 masih pop rock dengan isian gitar yang cepat, Ahmad Dhani menjawab, "Karena kita kan memang band yang punya gitaris jago, tentunya harus kita manfaatkan sebaik mungkin," ujarnya.

Setelah Format Masa Depan, Ahmad Dhani mengungkapkan selera musik Dewa 19 berubah dikarenakan selera musik dunia yang juga berubah. Menurutnya, mereka saat itu mencoba mengikuti arus.

Baca Juga: Bahas Cara Main Piano di Lagu Cinta Kan Membawamu Milik Dewa 19, Ahmad Dhani: Isyana Aja Mainnya Salah

"Musik dunia sama musik Indonesia itu intim banget. Jadi apa yang terjadi di luar itu cepat sekali menularkannya ke kita (Indonesia). Jadi nggak butuh waktu lama," katanya.

Dia melanjutkan, "Kayaknya dulu tahun 94, 95, 96, 97 itu apa yang menjadi seleranya Barat itu menjadi selera Indonesia juga waktu itu," tambahnya.

Mengenai selera musik Dewa 19, ternyata pada saat itu masing-masing personel mengutarakan band favoritnya untuk direkomendasikan.

"Andra itu mengenalkan band yang namanya Gim Blossoms. Kita ketularan Gim Blossoms. Kayak lagu Manusia Biasa itu Gim Blossoms banget gitu. Aku juga mengenalkan Andra itu Toad the Wet Sprocket. Itu salah satu acuan-acuan kita di tahun 94-95," tuturnya.

"Terus Counting Crows, itu kan band-band Amerika yang simpel dan asik. Counting Crows, Toad the Wet Sprocket dan Gim Blossoms itu acuan kita," pungkasnya.

Sementara itu, dia menuturkan hanya Ari Lasso yang saat itu tidak menyumbang band favorit untuk direkomendasikan. Selain itu, Ahmad Dhani juga mengungkapkan kalau selera musik Dewa 19 total berubah saat album Pandawa Lima.

Baca Juga: Dihubungi Ahmad Dhani Saat Audisi Indonesian Idol untuk Rekaman Lagu Dewa 19, Virzha Ragu: Ini Ahmad Dhani? Nggak Mungkin Lah

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest