Follow Us

Banyak Warga Stres Karena Pandemi, UGM Siap Terjunkan 55 Psikolog buat Bantu Konseling

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 15 Juli 2021 | 20:00
Ilustrasi stres yang bisa berdampak pada kesehatan.
Pixabay

Ilustrasi stres yang bisa berdampak pada kesehatan.

HAI-Online.com – Pandemi Covid-19 yang udah berlangsung selama setahun lebih berpotensi bikin masyarakat mengalami stres.

Stres yang mencakup gangguan psikologis, baik pada pasien, keluarga, masyarakat hingga tenaga kesehatan pastinya memerlukan penanganan profesional.

Menanggapi persoalan itu, Kepala Unit Konsultasi Psikologi (UKP) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Edilburga Wulan Saptandari, mengatakan sejak awal pandemi covid timnya sudah ikut serta dalam penanganan psikologis tersebut di bawah tim call center Satgas Covid UGM.

"Waktu itu di bawah Satgas Covid UGM ada call center. Nah, kita bergabung di situ," tutur Yayi, sapaan akrab Edilburga sebagaimana dilansir dari laman resmi UGM.

Yayi menambahkan dengan melonjaknya kasus covid saat ini maka peran tim psikolog tersebut akan semakin diperkuat untuk membantu masyarakat.

Baca Juga: Fobia Jarum Suntik tapi Harus Ikut Vaksin? Ini Cara Mengatasinya

Selain itu, UGM juga telah menyiapkan selter bagi pasien covid bergejala ringan di beberapa lokasi. Untuk memberikan dukungan psikososial tersebut Fakultas Psikologi telah menyiapkan tim yang terdiri dari para mahasiswa Magister Psikologi maupun psikolog dari UGM dan rekanan.

"Kita memiliki 55 psikolog internal dan nanti bisa melibatkan psikolog rekanan jika diperlukan," imbuhnya.

Untuk memberikan penanganan dan dukungan psikososial ini, kata Yayi, bisa dilakukan secara bertahap. Misalnya, ketika pasien datang pertama kali bisa langsung mendapat penanganan psikologi dari para mahasiswa Magister Psikologi.

Namun, jika kondisinya perlu penanganan lebih jauh maka akan dilanjutkan kepada para psikolog-dosen dari UKP Fakultas Psikologi maupun psikolog rekanan.

Menurutnya, tahapan penanganan psikologi korban Covid-19 secara prinsip perlu mendapatkan Psychological first aid (PFA) agar mereka lebih tenang, rileks dan nggak panik dengan kondisi yang dialami.

Baca Juga: 4 Kriteria Orang yang Sebaiknya Kita Unfollow Akun Media Sosialnya

Source : ugm.ac.id

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular