Follow Us

Tycho Gandeng Vokalis Death Cab for Cutie Rilis Single 'Only Love'

Mohammad Farras Fauzi - Kamis, 15 Juli 2021 | 11:33
Tycho and Benjamin Gibbard
Andrew Paynter

Tycho and Benjamin Gibbard

HAI-ONLINE.COM - Kabar baru akhirnya muncul dari band rock alternatif lawas Death Cab for Cutie. Tapi kali ini cuma vokalis mereka, Benjamin Gibbard yang terlibat dalam proyek baru.

Diajak oleh produser kenamaan peraih 2 nominasi nominasi GRAMMY® Award, Tycho (aka. Scott Hansen), mereka berdua merilis sebuah single kolaborasi berjudul 'Only Love' via Mom + Pop Music/Ninja Tune.

Baca Juga: Voice of Baceprot Rilis Video Cover Rage Against The Machine, Tom Morello: Amazing

Setelah ditelusuri, Gibbard ternyata telah meraih 8 nominasi GRAMMY® Award secara pribadi maupun bareng bandnya. Single 'Only Love' ini juga menjadi rilisan elektronik pertama dari Benjamin Gibbard sejak proyek The Postal Service-nya.

Dalam single ini, paduan produksi musik khas Tycho yang terkenal dengan ambience dan down temponya ngeblend sempurna dengan lirik humanis yang sangat mendalam dari Benjamin Gibbard.

Proyek kolaborasi ini bermula saat Tycho diajak oleh Death Cab for Cutie untuk meremix ulang single mereka, 'The Ghosts of Beverly Hills'. Titik awal kerja sama tersebut kemudian menghasilkan 'The Ghosts of Beverly Drive (Tycho Remix'.

Baca Juga: 4 Kriteria Orang yang Sebaiknya Kita Unfollow Akun Media Sosialnya

Mengenai proses kreatif untuk single ini, Tycho mengungkapkan dalam rilis pers, Suara Ben adalah elemen yang sangat penting dari segi produksi musik, menurutku terdengar sangat menyatu dengan warna musik dan instrumentasi yang aku gemari."

"‘Only Love’ mulanya adalah lagu instrumental, tapi ada sesuatu yang hilang rasanya. Aku mengirimkan demonya kepada Ben dan ia kemudian merekam vokalnya. Saat pertama kali aku mendengarkan take vokal kasarnya, lagunya menjadi lebih masuk akal dan arrangementnya pun akhirnya tercipta."

"Setelah eksperimenku dengan vokal di album Weather, lagu ini menjadi kesempatan yang tepat untuk merealisasikan semua hal yang telah aku pelajari. Suatu kehormatan bagiku dapat bekerja sama dengan sosok Ben Gibbard yang ikonik.”

Dalam pernyataan yang berbeda, Benjamin Gibbard turut mengungkapkan, “Pada 2014 saat aku membaca buku This Changes Everything: Capitalism and The Climate oleh Naomi Klein, aku menemukan suatu kutipan dari Alexis Bonogofsky yang menggetarkanku."

"Kutipan tersebut mengandung sebuah usaha untukmelindungi tanah publik di bagian selatan Montana dari perusahaan tambang Arch Coal; yang berbunyi: 'Hubungan tempat ini dengan kasih sayang yang orang-orang miliki terhadapnya tidak dipahami oleh Arch Coal. Mereka meremehkan itu. Dan itulah yang akhirnya akan menyelamatkan tempat itu. Bukan kebencian terhadap perusahaan-perusahaan tambang, namun rasa kasih sayang.”

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest