Follow Us

Pelajar SMA Berani Tanya Jokowi: Apa Pengaruh PPKM terhadap Kenaikan Covid-19

Al Sobry - Rabu, 14 Juli 2021 | 13:39
Pelajar SMA Berani Tanya Jokowi: Apa Pengaruh PPKM terhadap Kenaikan Covid-19
Idxchange

Pelajar SMA Berani Tanya Jokowi: Apa Pengaruh PPKM terhadap Kenaikan Covid-19

HAI-Online.com - Presiden Joko Widodo mendadak mendapat pertanyaan dari seorang prlajar cewek SMA ketika datang meninjau vaksinasi Covid-19 untuk pelajar berlangsung pada Rabu (14/7/2021).

Tinjauan yang dilakukan Presiden Jokowi digelar secara daring terhadap siswa-siswi SMA Negeri 39 Jakarta.

Pelajar itu bernama Kristanti. Dia menanyakan langsung apa pengaruh Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat terhadap lonjakan kasus Covid-19?

"Apa pengaruh dari penerapan PPKM dengan kenaikan kasus Covid-19 saat ini, bapak?," tanya Kristanti kepada Jokowi seperti dilansir HAI dari Kompas.com Rabu ini.

Dengan bahasa sederhana, Jokowi lantas menjelaskan pengaruh PPKM terhadap lonjakan kasus Covid-19 beberapa minggu ini.

Jokowi mengatakan bahwa PPKM pada dasarnya bertujuan membatasi mobilitas penduduk. Hal ini guna mencegah meluasnya penyebaran virus corona yang ditularkan sesama manusia.

"Jadi kita melakukan PPKM ini kan pembatasan kegiatan masyarakat agar tidak banyak terjadi interaksi pertemuan antara orang dengan orang, antara kelompok dengan kelompok," kata Jokowi menjawab pertanyaan.

"Karena kalo ketemu ada satu saja yang membawa virus, yang sudah positif terkena Covid, ini bisa menyebar ke mana-mana," tuturnya.

Secara teori, kata Jokowi, apabila mobilitas dan interaksi penduduk turun, maka penyebaran virus juga dipastikan menurun.

Ia menyebut, berbagai negara juga melakukan langkah serupa. Hanya saja, aturan pembatasannya berbeda-beda.

Namun, pada pokoknya, tujuan dari pembatasan itu adalah untuk mengurangi mobilitas, pertemuan, dan interaksi orang dengan orang, atau kelompok dengan kelompok, sehingga penularan virus corona dapat dicegah.

"Ada yang melakukan lockdown, ada yang melakukan pembatasan yang ketat, ada yang melakukan PPKM skala mikro. Memang caranya macam-macam," ujar Jokowi.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest