Follow Us

Mike Shinoda Mulai Gunakan AI Buat Bikin Lagu? Malas atau Inovasi Nih?

Bagas Rahadian - Rabu, 16 Juni 2021 | 15:00
Mike Shinoda
Warner Records

Mike Shinoda

HAI-Online.com - Mike Shinoda mulai merambah dunia produksi lagu yang melibatkan peran kecerdasan buatan atau AI (artficial intelligence).

Dalam wawancara dengan Rolling Stone, frontman band Linkin Park itu mengaku tengah menjalin kerja sama dengan perusahaan start-up bernama Authentic Artist untuk mewujudkan hal tersebut.

Bersama perusahaan pengembang AI tersebut, kabarnya kelak nggak cuma lagu aja yang bisa diciptakan oleh kecerdasan buatan. Musisi yang membawakan lagunya mungkin aja juga bikinan komputer.

"Kecerdasan buatan telah membuat musik yang keren," kata Shinoda kepada Rolling Stone.

"Aku lagi bekerja sama dengan perusahaan bernaa Authentic Artists untuk membuat artis virtual yang spektakuler di mana musiknya dibuat dari awal," aku Shinoda lagi.

Baca Juga: Coldplay Rilis Versi Akustik untuk Single Terbaru Higher Power

Shinoda menambahkan, lewat bantuan AI, lagu bisa dicpitakan dalam hitungan detik, di mana musisi beneran mungkin butuh berminggu-minggu atau bahkan setahun untuk membuatnya.

Meski begitu, Shinoda nggak lantas mengatakan bahwa kelak peran musisi akan sepenuhnya digantikan oleh robot.

"Aku hanya berpikir seniman manusia akan memutuskan apa yang terdengar oke buat lagunya dengan bantuan perangkat lunak."

"Seperti halnya peran studio rekaman profesional akan menjadi kurang penting untuk membuat lagu yang laris,begitu pun ketergantungan pada orang-orang yang terkait dengan industri itu juga akan menjadi kurang penting," terangnya lagi.

Mulai terjunnya Mike Shinoda ke ranah AI di industri musik tampaknya nggak begitu mengherankan.

Pasalnya, musisi 43 tahun ini memang terkenal progresif dalam urusan pengembangan tren dalam membuat atau memasarkan musik.

Contohnya aja, Mike menjadi salah satu musisi yang getol menjual musik dan artwork bikinannya dalam bentuk NFT beberapa bulan lalu.

Langkah itu pun setelahnya berhasil menciptakan tren jual karya NFT di kalangan musisi papan atas. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest