Follow Us

Waspadai 6 Tanda Potensi Terkena Serangan Jantung saat Berolahraga Ini

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 15 Juni 2021 | 19:44
Kenali tanda-tanda serangan jantung saat berolahrga, sob!
intermountainhealthcare.org

Kenali tanda-tanda serangan jantung saat berolahrga, sob!

HAI-Online.com – Serangan jantung bisa dialami bukan hanya oleh orang yang malas bergerak, perokok, dan pemilik gaya hidup nggak sehat lainnya.

Bahkan orang berusia muda yang rajin olahraga dan punya gaya hidup sehat, seperti atlet, juga nggak luput dari ancaman serangan jantung.

Dokter ahli jantung dari RS Mount Elizabeth Singapura Dr. Paul Chiam menjelaskan, penyebab serangan jantung saat olahraga paling banyak berasal dari gangguan irama jantung atau aritmia.

Baca Juga: Ketahui 10 Alasan yang Bisa Membuat Induk Kucing Makan Anaknya Sendiri

Gangguan irama jantung tersebut jamak disebabkan gangguan penebalan otot jantung (kardiomiopati hipertrofik) serta kelainan kelistrikan jantung bawaan.

Menurut Dr. Chiam, serangan jantung saat olahraga karena gangguan irama jantung tersebut lebih rentan dialami pria ketimbang wanita.

Karenanya, pemilik gangguan irama jantung atau aritmia wajib berkonsultasi ke dokter dan tenaga profesional medis kebugaran sebelum melakukan olahraga yang sifatnya ekstrem atau berat.

Orang yang punya keluarga dengan riwayat penyakit jantung atau serangan jantung mendadak serta pernah pingsan saat olahraga juga perlu melakukan pemeriksaan jantung sebelum menjalankan olahraga berat.

Untuk memantau kondisi jantung, dokter biasanya merekomendasikan pemeriksaan jantung dengan alat EKG atau USG jantung.

Baca Juga: Anak Muda Juga Perlu Waspada, Ini 7 Makanan yang Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan Jantung

Tanda-tanda serangan jantung saat olahraga

Merangkum Healthline, olahraga sangat penting untuk membantu mencegah penyakit jantung. Aktivitas fisik ini umumnya aman bagi kebanyakan orang.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest