Follow Us

Stres Karena Pandemi Bikin Kalian Sering Lupa Hari? Ini Penyebabnya

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 05 Juni 2021 | 09:00
Ilustrasi kebingungan karena lupa hari.
Pxhere

Ilustrasi kebingungan karena lupa hari.

HAI-Online.com – Di masa pandemi seperti saat ini, sebagian dari kalian mungkin kerap lupa hari apa sekarang.

Ternyata hal itu wajar kok, sob. Terlebih kita sudah lebih dari setahun dilanda pandemi COVID-19 sampai mengubah sebagian besar hidup kita.

Perubahan pola kehidupan sebelum dan setelah dilanda pandemi membuat sebagian dari kita mengalami disorientasi waktu, terutama karena kita menghabiskan waktu terlalu lama di rumah.

Disorientasi ini pun membuat orang jadi sulit berkonsentrasi dan lebih lambat berpikir, bahkan sulit mengingat hal-hal remeh seperti hari atau tanggal saat ini.

Lupa hari ini bisa jadi tanda kalau kita mengalami stres akibat diam di rumah terlalu lama saat pandemi. Terus, apa aja sih penyebab kita mengalami hal tersebut?

Baca Juga: Penjelasan Psikolog Kenapa Orang Cenderung Lebih Galak saat Ditegur

1. Kehilangan rutinitas

Tubuh kita bergantung pada isyarat fisik, sosial, dan lingkungan seperti dari sinar matahari untuk mengatur ritme sirkadian.

Isyarat tersebut tanpa disadari membentuk rutinitas sehari-hari seperti makan, tidur, liburan, sampai ibadah mingguan untuk menandai suatu hari.

Selama kita tinggal di rumah akibat pandemi berbulan-bulan, pola kehidupan dan sejumlah rutinitas pun menghilang dan menyebabkan batas penanda suatu hari yang sebelumnya jelas kini tampak kabur.

Selain itu, hari-hari selama pandemi biasanya habis untuk menuntaskan pekerjaan rumah, sekolah, atau kantor, dan akhir pekan kini nggak lagi leluasa untuk dihabiskan dengan berbagai kegiatan relaksasi seperti menonton konser atau nongkrong.

Hilangnya rutinitas ini pun dapat menguras energi mental, terutama jika kita terus-menerus memikirkan tentang situasi selama pandemi.

Halaman Selanjutnya

2. Menambah beban pikiran
1 2

Source : cewekbanget.grid.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest