Follow Us

Penjelasan Psikolog Kenapa Orang Cenderung Lebih Galak saat Ditegur

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 31 Mei 2021 | 21:05
Ada alasan kenapa orang cenderung lebih galak saat ditegur secara psikologis.
Pixahive

Ada alasan kenapa orang cenderung lebih galak saat ditegur secara psikologis.

HAI-Online.com– Kalian pernah ngalamin kejadian ketemu orang yang berbuat salah, tapi pas diingetin justru jadi galak dan marah-marah?

Hal kayak gini biasanya bisa ditemui pada beberapa kasus seperti saat menagih utang hingga mengantre di tempat umum.

Namun sebenarnya kenapa orang cenderung lebih galak dan agresif saat mereka ditegur atau diingatkan, sih? Ternyata ada ada alasan di balik kebiasaan tersebut lho, jika ditilik dari aspek psikologisnya.

Baca Juga: Bukan Marah ke Kurir, Begini Cara Komplain Barang COD yang Tidak Sesuai Pesanan

Psikolog Rose Mini Agoes Salim ngasih pandangannya terhadap fenomena yang kerap terjadi di masyarakat tersebut.

Ia menjelaskan, ada beberapa hal yang membuat orang yang melakukan kesalahan justru marah saat ada pihak lain yang menegur kesalahannya.

1. Nggak nyaman

Alasan pertama adalah rasa nggak nyaman, diingatkan di depan banyak orang.

"Pertama, orang kalau ditegur di depan orang lain, rasanya pasti lebih tidak nyaman, malu ya," kata Rose saat dihubungi Kompas.com, Minggu (30/5/2021).

Baca Juga: Ghosting, Perilaku Ngeselin yang Ternyata Nggak Cuma Berlaku di Ranah Percintaan

2. Cara yang keliru

Alasan yang kedua adalah perasaan nggak terima, terlebih jika teguran disampaikan dengan cara yang kurang tepat.

"Kalau kita ditegur orang yang tidak kita kenal, ego kita jadi lebih tinggi keluarnya. Terus merasa 'siapa elu kok ngingetin gue?" bisa seperti itu. Akibatnya, dia merasa terusik,' tutur dosen Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia itu.

Cara menegur yang baik

Terus gimana dong cara menegur yang baik saat kita melihat ada orang lain yang melakukan sesuatu yang nggak seharusnya?

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest