Follow Us

Ingin Berhenti Merokok? Coba Ikuti 4 Langkah Ini Supaya Berhasil

Ferry Budi Saputra - Rabu, 02 Juni 2021 | 15:25
Ilustrasi Rokok
Pixabay

Ilustrasi Rokok

HAI-Online.com - Bagi anak muda rokok menjadi teman setia ketika sedang nongkrong atau dalam suasana santai. Banyak juga yang merasakan susah terlepas dari rokok dan mencari cara untuk berhenti merokok.

Baca Juga: Menumpuk Masker Medis itu Sesat, Begini Cara Memakai Masker Dobel yang Betul!

Berhenti merokok memang proses yang nggak gampang, apalagi kalau udah ngerokok sejak lama pasti rasanya nggak ngerokok sehari aja ada yang kurang.

Nah, buat kalian yang ingin tahu cara agar bisa berhenti merokok, simak penjelasan dari Guru Besar FKKMK Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D.

Menurutnya, untuk bisa berhenti merokok tidak hanya perlu komitmen bersama, tidak hanya di tingkat individu, tetapi juga dukungan keluarga, komunitas atau lingkungan, serta layanan kesehatan, "Berhenti merokok memang sebuah proses," ujarnya dalam webinar peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021 yang diadakan oleh Pusat Perilaku dan Promosi Kesehatan FKKMK UGM secara daring, Senin (31/5/2021).

Dari kajian literatur yang ada, sebagian itu efektif di waktu 6 bulan awal, setelahnya perlu ada penguatan dan pendampingan kembali.

Baca Juga: Ngerasa Kurang Berisi? Ini 4 Tips Nambah Berat Badan tapi Aman

Sementara itu, dr. Bagas Suryo Bintoro, Ph.D., menyampaikan perokok memiliki risiko lebih besar mengalami kasus yang parah dan meninggal akibat Covid-19. Dokter Bagas juga menjelaskan sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok.

1. Diawali dengan membulatkan tekad untuk berhenti merokok. 2. Membiasakan diri berhenti merokok, kenali waktu dan situasi kapan sering merokok, dan mintalah dukungan keluarga. 3. Selain itu, tahan keinginan dengan menunda, bisa dengan berolahraga secara teratur. 4. Konsultasikan dengan dokter/manfaatkan layanan konseling berhenti merokok di fasilitas kesehatan tingkat pertama.

“Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok, sebab berhenti merokok bermanfaat bagi kesehatan sehingga harus didukung oleh semua pihak,” katanya.

Nah, itu dia tadi langkah yang harus dilakukan agar bisa berhenti merokok. Seperti diketahui perlu tekad yang kuat dari dalam diri sendiri.

Baca Juga: Kesulitan Tidur di Malam Hari? Coba 7 Minuman Herbal Ini Sob

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingin Berhenti Merokok? Guru Besar UGM: Perlu Komitmen Ini"

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest