Follow Us

Kenapa Makan Kentang Goreng Bisa Bikin Berat Badan Naik? Begini Penjelasan Ahli

Ferry Budi Saputra - Sabtu, 22 Mei 2021 | 20:00
Keripik kentang
pixabay.com

Keripik kentang

HAI-Online.com - Buat anak muda yang kalau gabut senengnya makan cemilan, ingat bisa berdampak juga bagi kenaikan berat badan. Terutama bagi kalian yang suka makan makanan yang kurang sehat dan nggak ke kontol, bisa-bisa berat badan naik drastis.

Baca Juga: Ternyata 5 Makanan Ini Punya Dampak Buruk bagi Lingkungan, dari Daging Merah hingga Kopi

Kemudian, gimana solusinya? Cukup fokuskan diri untuk menghindari makanan yang menurut sains berkaitan erat dengan bertambahnya berat badan.

Salah satu makanan yang membuat berat badan kalian naik yaitu keripik kentang. Banyak orang mungkin yang bilang keripik kentang memang enak, tapi ternyata makanan ini menjadi penyebab utama meningkatnya berat badan.

Faktanya, satu studi New England Journal of Medicine menemukan, keripik kentang adalah makanan nomor satu yang paling dekat hubungannya dengan penambahan berat badan selama periode empat tahun. Peneliti Harvard yang melakukan penelitian melacak berat badan lebih dari 120.000 peserta selama empat tahun.

Rata-rata, berat badan peserta bertambah sekitar 1,5 kilogram selama jangka waktu tersebut, dan perubahan berat badan selama empat tahun itu paling terkait dengan asupan keripik kentang, yang menurut peneliti menyumbang hingga setengah kilogram.

Lantas, bagaimana makan keripik kentang bisa menyebabkan berat badan bertambah? Makanan ringan yang digoreng memang dapat menyebabkan penambahan berat badan, "Seperti banyak makanan ringan lainnya, keripik kentang bisa mengandung kalori sangat tinggi, terutama jika orang sering makan camilan renyah ini dalam porsi besar," kata Lauren Manaker, MS, RDN, LD, pendiri Nutrition Now Counseling dan penulis Fueling Male Fertility.

Baca Juga: Yuk Bisa Yuk! Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Disuntik Vaksin Biar Nggak Drop Say!

Manaker mencatat, fakta keripik kentang padat kalori bukanlah satu-satunya alasan makanan ringan ini dikaitkan dengan penambahan berat badan. Masalah lain adalah, kebanyakan orang cenderung makan lebih dari satu porsi.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan satu porsi keripik kentang setara dengan satu ons keripik lain atau 18 keping keripik," Sebagai ahli diet terdaftar, saya jarang melihat orang membatasi camilan keripik kentang mereka hanya 18 keping keripik. Apalagi, jika mereka memiliki sebungkus besar,” kata Manaker.

Manaker menekankan, keripik kentang adalah makanan yang mudah dimakan tanpa berpikir, tapi jelas dapat berkontribusi pada penambahan berat badan, “Dan jika Anda memasangkan keripik kentang dengan saus celup, itu bisa semakin mempercepat penambahan berat badan Anda," katanya.

Jika kalian berusaha menghindari keripik kentang untuk menurunkan berat badan, maka ada banyak alternatif makanan sehat yang bisa menjadi pengganti camilan ini, "Keripik kangkung, keripik bayam, dan bahkan keripik ayam dapat memberikan rasa renyah yang memuaskan dengan nutrisi tambahan," kata Manaker.

Manaker mengatakan setiap orang bisa mulai membatasinya demi membantu proses menurunkan berat badan. Cara lainnya, bisa beralih mengonsumsi kentang panggang, mengingat kentang juga merupakan sumber nutrisi alami yang sehat, jika dikonsumsi dengan cara yang benar.

Baca Juga: 3 Varian Baru Virus Corona Udah Masuk Indonesia, Kenali Masing-Masing Gejalanya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ahli Ungkap Camilan yang Harus Dihindari untuk Mencegah Kenaikan Berat Badan"

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest