Follow Us

Kenapa Kpop Nggak Ada Kategori Penghargaan Khusus di Grammy? Ini Alasannya

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 26 Mei 2021 | 15:30
Boy Group BTS
Tangkapan Layar Youtube/ HYBE Labels

Boy Group BTS

HAI-Online.com – Genre K-Pop belakangan ini memang tengah naik daun dengan sederet musisi yang mulai mendunia, mulai BTS hingga Blackpink.

Meski begitu, peluang genre musik asal Korea tersebut untuk punya kategori sendiri pada ajang Grammy tampaknya belum akan terwujud dalam waktu dekat ini.

Melansir NME pada Rabu (26/5/2021), hal tersebut diungkapkan sendiri oleh salah seorang pejabat Grammy.

Recording Academy, yang tiap tahunnya mengadakan ajang Grammy Awards memang diketahui kerap menambahkan kategori baru pada ajang tersebut.

Penambahan terbaru adalah ‘Penampilan Musik Global Terbaik’ dan ‘Album Música Urbana Terbaik’, yang diumumkan pada 30 April dan akan diperkenalkan tahun depan pada Penghargaan Grammy ke-64.

Namun menurut Bill Freimuth, kepala penghargaan di Recording Academy, kategori khusus K-pop tampaknya nggak mungkin terjadi dalam waktu dekat.

Baca Juga: Aturan Berubah, The Weeknd Konsisten Bakal Terus Boikot Grammy

Kepada Billboard, pejabat Grammy mengatakan bahwa dia dan "komunitas" merasa sulit untuk mendefinisikan musik Korea dari musik pop biasa untuk mendefinisikan kategorinya sendiri.

“Menurut saya, K-pop modern benar-benar dimulai pada tahun 90-an. Mereka mengambil apa yang populer di era itu (seperti R&B dan bubblegum pop) dan menjadikannya milik mereka” jelasnya.

“Apa yang kami dengar dari komunitas adalah bahwa mereka menganggap apa yang mereka ciptakan sebagai musik pop,” tambanya.

Selain itu, Freimuth juga menunjukkan bahwa proses penambahan kategori baru itu ‘cukup formal’, sehingga membutuhkan proposal yang terperinci dan beberapa putaran persetujuan dan ratifikasi oleh komite dan dewan yang berbeda.

Menurut catatan Billboard, kategori potensial membutuhkan sekitar 100 submisi potensial untuk bisa dapat peluang pertimbangan yang kuat.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest