Follow Us

Resmi Diblokir Kominfo, Apa Sih Sebenarnya Situs Raid Forums Itu?

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 23 Mei 2021 | 12:27
Tangkapan layar situs Raid Forums yang sekarang udah diblokir Kominfo.
Tangkapan layar Raid Forums

Tangkapan layar situs Raid Forums yang sekarang udah diblokir Kominfo.

HAI-Online.com – Kasus dugaan kebocoran data 279 juta penduduk yang disinyalir bersumber dari data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Indonesia yang terjadi baru-baru ini membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan pemblokiran terhadap situs Raid Forums, sebuah situs berbagai dan jual-beli database online.

Dari pantauan HAI pada Minggu (23/5/2021), situs tersebut memang udah nggak bisa diakses lagi. Situs Raid Forums juga telah masuk daftar laman yang diblokir berdasarkan laman trustpositif.kominfo.go.id.

Baca Juga: Kepoin 6 Cara Ngintip Kalo Instagram Lo Diblokir Temen atau Gebetan

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan, pemblokiran ini dilakukan karena forum online tersebut banyak menyebar konten yang melanggar undang-undang di Indonesia.

"Raid Forums teridentifikasi sebagai forum yang banyak menyebarkan konten yang melanggar perundang-undangan di Indonesia, sehingga website tersebut, termasuk akun bernama Kotz, sedang dilakukan proses pemblokiran," kata Dedy dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Sabtu (22/5/2021).

Dedy juga mengatakan bahwa tiga tautan yang berisi sampel data yang diduga milik 279 juta penduduk di Indonesia telah diputus aksesnya. Adapun ketiga tautan tersebut adalah bayfiles.com, mega.nz, dan anonfiles.com.

Sebelumnya, tautan itu bisa diakses dan diunduh secara gratis oleh siapa pun.

Baca Juga: Viral Dugaan 279 Juta Data Penduduk Bocor, BPJS Kerahkan Tim Khusus Melacak Sumbernya

Namun sebenarnya apa sih Raid Forums itu sendiri? Kenapa situs tersebut sampai diblokir oleh pemerintah? Nah ternyata, kasus kebocoran data warga Indonesia lewat situs tersebut nggak hanya terjadi sekali lho, sob.

Melansir Kompas Tekno, Raid Forums merupakan situs "reguler" berjenis surface web, atau dengan kata lain, siapa saja bisa mengakses situs tersebut dengan mudah.

Sebab, Raid Forums bukanlah situs gelap (dark web) atau situs rahasia (deep web) yang harus diakses dengan peramban khusus seperti Tor Bowser.

Bisa dibilang, Radi Forums merupakan "marketplace" bagi para penjual dan pemburu data. Di situs ini, para anggotanya juga gemar mendiskusikan aktivitas pembobolan di dunia maya (raid).

Source : KOMPAS.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest