Follow Us

Sering Dengar Kata Mudik? Ini Asal Usul Katanya yang Wajib Diketahui

Ferry Budi Saputra - Kamis, 13 Mei 2021 | 14:00
Ilustrasi Mudik
Pixabay

Ilustrasi Mudik

HAI-Online.com - Mudik sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia menjelang Lebaran. Banyak yang berbondong-bondong pergi ke kampung halamannya untuk berkumpul bersama sanak-saudara.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jakarta Tetap Buka Pas Libur Lebaran tapi Harus Reservasi

Nah, tentu mudik ini memiliki asal usul katanya hingga akhirnya menjadi tradisi yang lazim dilakukan hingga kini.

Asal-usul kata mudik menurut Wikipediawan sekaligus Direktur Utama Narabahasa, Ivan Lanin, mengatakan, asal-usul kata ini sudah ada sekitar 1390. Kata "mudik" ditemukan dalam naskah kuno berbahasa Melayu.

"Dari penelusuran di Malay Concordance Project, kata 'mudik' sudah dipakai pada naskah "Hikayat Raja Pasai" yang bertarikh sekitar 1390," kata Ivan, saat dihubungi Kompas.com, Senin (8/5/2021).

Kata "mudik" dalam naskah ini mengandung arti 'pergi ke hulu sungai'. "Kata ini tampaknya berkaitan dengan kata "udik" (hulu sungai) yang dilawankan dengan "ilir" (hilir sungai)," jelas Ivan.

Baca Juga: Cewek Ini Nggak Sengaja Ketemu Ayahnya saat Mudik, Gimana Ceritanya?

Dalam perkembangannya, kata "mudik" mengalami perubahan makna. Pada awalnya berarti pergi ke hulu sungai, kini bermakna pergi ke kampung, "Dari arti awal 'pergi ke hulu sungai', kata ini mengalami perubahan makna 'pergi ke kampung' karena hulu sungai (pedalaman) dianggap identik dengan kampung asal," terang Ivan.

Makna mudik kemudian tidak hanya terbatas pada kampung saja. Kampung atau tempat asal menjadi bukan hanya merujuk pada wilayah kampung/desa, melainkan juga wilayah kota, "Komponen makna yang dipertahankan ialah "tempat asal", bukan jenis tempat asal itu," kata Ivan.

Nah, itu tadi asal usul kata mudik yang sering kita dengar. Ternyata memang panjang dari awalnya digunakan hingga menjadi tren.

Baca Juga: Dua Tahun Nggak Bisa Mudik, Sal Priadi Kirim Pesan Pake Baliho untuk Keluarga di Malang

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Asal Kata dan Sejarah Mudik, Tradisi Masyarakat Indonesia Saat Lebaran"

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest