Follow Us

Harbolnas 2021 Resmi Dibuka Hari Ini, Belanja Bakal Gratis Ongkir!

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 05 Mei 2021 | 21:53
Ilustrasi Belanja Online
pixabay.com

Ilustrasi Belanja Online

HAI-Online.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) telah menetapkan tanggal 5 Mei sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Nah bertepatan dengan momen ini, pemerintah bakal menggelar event Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas jelang Idul Fitri 2021. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan Harbolnas Ramadhan 2021 sudah akan kickoff pukul 18.30 WIB.

Selain itu, melalui Harbolnas ini menawarkan gratis ongkos kirim (ongkir) yang disiapkan dari 72 e-commerce yang terlibat di event ini.

"Hari ini 5 Mei bertepatan dengan Hari Bangga Buatan Indonesia akan kita mulai hari ini nanti kickoff programnya mulai setengah tujuh malam sampai tanggal 13 ini akan memacu konsumsi dan terutama untuk barang-barang produksi Indonesia," kata dia saat konferensi pers, Rabu (5/5/2021) dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Charles & Keith Luncurkan Koleksi Dusk to Dawn untuk Momen Ramadan 2021

Lutfi menjelaskan, sebagaimana arahan disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, program ini akan diberikan stimulus oleh pemerintah dalam bentuk subsidi ongkir untuk utamanya pembelian produk dalam negeri.

Hal itu ditindaklanjuti dengan mengadakan pertemuan dengan para pelaku perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE). Hasilnya, mereka sepakat untuk mengusulkan agar ongkir menjadi hanya ditanggung oleh mereka semata.

"Untuk itu 72 platform e-commerce atau PMSE bersama-sama pemerintah langsung oleh mereka sendiri subsidi ongkir sampai Rp20 ribu. Ini sudah berjalan, jadi kalau teman-teman media ingin akses lokapasar di halaman utama sudah ditulis di situ," ujar Lutfi.

Dalam event ini, pemerintah turut membantu menyebarluaskan informasi Harbolnas 2021 dengan ongkir gratis hingga Rp20.000 tersebut.

Menurut Kemendag, hal ini penting agar seluruh masyarakat mengetahui sehingga mereka terdorong belanja di Harbolnas.

"Program gratis ongkir sampai Rp20 ribu gratis ditambah diskon lain untuk memacu pertumbuhan perekonomian Indonesia jadi pemerintah ikut menyebarluaskan dan pada gerakan nasional ini untuk memastikan semua orang mengetahui program belanja online," kata dia.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Lazada Forward Women Awards Apresiasi Para Seller Cewek Unggul yang Berinovasi Lewat eCommerce

Source : Tribun News

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest