Follow Us

Juan Joya Borja, Sosok di Balik 'Meme Orang Ngakak’ Meninggal Dunia

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 29 April 2021 | 15:30
Juan Joya Borja, sosok di balik meme orang ngakak meninggal dunia di usia 65 tahun.
SaruWaza/YouTube

Juan Joya Borja, sosok di balik meme orang ngakak meninggal dunia di usia 65 tahun.

HAI-Online.com – Sosok di balik 'meme orang ngakak’ yang sering kita temui di media sosial, Juan Joya Borja dilaporkan meninggal dunia pada Selasa (28/4/2021).

Komedian berjuluk El Risitas atau Mr. Giggles ini dikenal lewat suara dan ekspresi ketawanya yang khas hingga videonya beredar luas di internet dan menjadi bahan meme atau parodi dalam beberapa tahun terakhir ini.

Menurut ABC de Sevilla, ia telah dirawat di Rumah Sakit de la Caridad, Sevilla sejak September tahun lalu karena sebuah penyakit yang ia derita.

Baca Juga: Bikin Bercandaan Soal KRI Nanggala 402, 'Capres' Nurhadi Minta Maaf Kepada TNI Angkatan Laut

Kaki pria kelahiran Sevilla, Andalusia, Spanyol 5 April 1956 ini pun terpaksa harus diamputasi karena masalah vaskular.

Sakitnya kemudian kambuh sehingga pada Selasa kemarin dirinya dilarikan ke Rumah Sakit Virgen del Rocio. Nggak lama setelahnya, Joya dinyatakan meninggal karena komplikasi dari penyakitnya. Legenda komedi Spanyol tersebut berpulang di usia 65.

Mengutip Vice, video ikonik Joya sendiri pertama kali debut di televisi Spanyol bertahun-tahun yang lalu saat dia tampil di sebuah acara TV lokal bernama Ratones Coloraos.

Dalam program tersebut, ia tengah menceritakan kisahnya kepada host Jesus Quintero saat dia masih muda—kisah tentang dirinya yang saat itu melemparkan piring ke laut.

Baca Juga: Gara-gara Meme, Ratusan Orang Bernama Josh Ngumpul Buat Menentukan Siapa yang Layak Menyandang Nama 'Josh'

Di tengah-tengah ceritanya, tawanya meledak dan orang-orang pun mengenangnya sebagai sebuah momen yang ikonik bahkan hingga saat ini, bertahun-tahun setelah program tersebut tayang.

Bahkan saat orang-orang nggak tahu apa yang dia katakan karena nggak ngerti bahasanya, ketawanya masih sangat menular buat mereka yang menontonnya.

Juan Boya Borja sukses menghibur nggak hanya warga Spanyol, tetapi juga dunia lewat bahasa universal yang ia bawa: tertawa.

RIP El Risitas! (*)

Baca Juga: Aldi Taher Cover Pamungkas 'To The Bone', Tapi Kok Lagunya Gini Ya

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest