Follow Us

Sering Ngerasa Haus dan Lemes saat Puasa? Hindari 3 Jenis Makanan Ini!

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 22 April 2021 | 21:30
Ilustrasi minuman dingin untuk menu berbuka puasa.
Pixabay

Ilustrasi minuman dingin untuk menu berbuka puasa.

HAI-Online.com – Kalian sering ngerasa haus dan badan lemas saat berpuasa di Bulan Ramadan? Bisa jadi penyebabnya ada di menu berbuka dan sahur kalian lho.

Terus gimana dong caranya biar tetap fit dan nggak lemas saat menjalankan ibadah puasa?

Soal ini, ahli Gizi Klinis di Healthbay Clinic Dubai, Sara Abdelghany menjelaskan, ada makanan yang harus dihindari biar tetap berenergi dan mencegah rasa haus saat berpuasa selama Ramadan.

“Untuk tetap berenergi selama berpuasa, sangat penting untuk merencanakan makanan kalian dan membagi kalori yang akan kalian konsumsi menjadi dua hingga tiga kali makan, disertai kudapan per hari,” ujar Abdelghany, seperti dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Hindari Minum Teh Pas Sahur Biar Gak Bolak-Balik Toilet di Siang Hari!

“Karena itu, sangat penting juga untuk membuat pilihan yang sehat saat makan demi menghindari rasa haus, lapar, sakit kepala, pusing, dan lemas,” imbuhnya.

Makanan yang sebaiknya dihindari

Abdelghany lalu menjelaskan beberapa kategori makanan yang harus dihindari selama puasa Ramadhan, karena dapat menyebabkan kembung, dehidrasi, dan penambahan berat badan.

“Hindari gorengan dan makanan berlemak selama buka puasa. Makanan berlemak tinggi akan menyebabkan perut nggak nyaman dan kembung,” kata dia.

Yang kedua adalah makanan olahan seperti sosis dan daging yang dilapisi tepung roti, dan sup instan memiliki kandungan sodium dan monosodium glutamate sangat tinggi. Makanan jenis ini akan menyebabkan rasa haus yang berlebihan.

Baca Juga: Viral di Medsos Netizen Goreng Semangka, Gimana Kata Ahli Gizi?

Ketiga adalah minuman yang terlalu manis seperti es buah, jus buah dengan pemanis, atau es sirop juga sarat dengan gula.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest