Follow Us

Diburu Polisi, Jozeph Paul Zhang yang Ngaku Nabi ke-26 Sudah Nggak di Indonesia Sejak 2018

Ferry Budi Saputra - Selasa, 20 April 2021 | 12:00
Diburu Polisi, Jozeph Paul Zhang yang Ngaku Nabi ke-26 Sudah Nggak di Indonesia Sejak 2018
Tangkapan Layar Youtube Joseph Paul Zhang

Diburu Polisi, Jozeph Paul Zhang yang Ngaku Nabi ke-26 Sudah Nggak di Indonesia Sejak 2018

HAI-Online.com - Jozeph Paul Zhang yang melalui videonya telah menghina Nabi Muhammad dan agama Islam ternyata tidak lagi berada di Indonesia sejak 2018.

Baca Juga: Viral Video Jozeph Paul Zhang Ngaku Nabi ke-26, Hina Nabi Muhammad hingga Agama Islam

Melansir Kompas.com, Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Arya Pradhana Anggakara mengatakan, berdasarkan data perlintasan, Jozeph terakhir kali tercatat meninggalkan Indonesia pada 2018.

Sebelumnya, Jozeph Paul Zhang telah dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama karena mengaku sebagai nabi ke-26, diketahui bernama asli Shindy Paul Soerjomeoljono.

“Berdasarkan informasi dari database perlintasan Imigrasi, WNI atas nama Shindy Paul Soerjomoeljono, atau yang dikenal masyarakat sebagai Jozeph Paul Zhang, terakhir kali meninggalkan Indonesia menuju Hong Kong pada 11 Januari 2018," kata Angga pada Senin (19/4/2021).

Terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Shindy Paul, Angga mengatakan Ditjen Imigrasi telah berkoordinasi dengan Bareskrim Polri. Informasi data perlintasan Shindy Paul juga sudah diserahkan ke polisi.

“Imigrasi telah menyampaikan informasi perlintasan yang bersangkutan kepada Bareskrim. Proses investigasi akan dilanjutkan oleh Bareskrim sebagai pihak yang berwenang dalam penanganan perkara ini," ucap Angga.

Baca Juga: Beda Kasta, Remaja Cowok Ini Ketahuan Pacaran dan Dihukum Minum Air Kencing

Dalam konferensi di Mabes Polri, Jakarta, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Rusdi Hartono mengatakan Polri bakal segera merilis Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoeljono dalam daftar pencarian orang (DPO).

Rusdi menyatakan, berdasarkan penelusuran Polri, Shindy Paul saat ini berada di Jerman, "Bareskrim Polri akan segera mengeluarkan DPO. DPO ini akan diserahkan ke Interpol dan DPO ini menjadi dasar bagi Interpol untuk menerbitkan red notice," katanya.

Sebelumnya, nama Jozeph Paul Zhang menjadi viral dan menyita perhatian publik. Dalam videonya Jozeph menyebut dirinya sebagai Nabi ke-26 dan dianggap menistakan agama Islam. Video tersebut dia unggah melalui kanal Youtubenya bernama Jozeph Paul Zhang dan berdurasi 3 jam lebih.

Baca Juga: Istri Pelaku Penganiayaan Anggap Perawat Nggak Profesional karena Lihat Darah Keluar dari Anaknya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jozeph Paul Zhang yang Mengaku Nabi ke-26 Bernama Asli Shindy Paul Soerjomeoljono"

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest