Follow Us

Pemegang KIP Kuliah Hanya Bisa Milih Prodi di PTN Lingkungan Kemdikbud

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 24 Maret 2021 | 16:00
Ilustrasi peserta ujian SBMPTN berbasis komputer (UTBK).
via Kompas.com

Ilustrasi peserta ujian SBMPTN berbasis komputer (UTBK).

HAI-Online.com – Buat kalian pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang akan mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021, ada info penting untuk disimak nih.

Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebelumnya telah membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) untuk peserta jalur UTBK dan SBMPTN 2021.

Baca Juga: Universitas Brawijaya Terbanyak Terima Calon Mahasiswa di SNMPTN 2021Bagi kalian yang belum memiliki akun, kalian masih bisa melakukan pendaftaran Akun Siswa KIP Kuliah mulai 8 Februari 2021 hingga 31 Oktober 2021.

Setelah siswa mendaftar akun, maka dilanjutkan dengan mendaftar KIP Kuliah sesuai dengan jalur masuk Perguruan Tinggi, baik itu melalui SNMPTN, UTBK-SBMPTN atau jalur mandiri.

Meski begitu, ada ketentuan khusus bagi pemegang KIP Kuliah yang hendak mengikuti jalur UTBK-SBMPTN.

Mengutip keterangan yang diumumkan LTMPT di Instagram pada Rabu (24/3/2021), dalam pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021, pemegang nomor pendaftaran KIP Kuliah hanya boleh memilih program studi di PTN lingkungan Kemdikbud.

Terus gimana dong jika calon mahasiswa pemegang KIP udah telanjur memilih prodi dan kampus di luar PTB lingkungan Kemdikbud pada saat melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021?

Nah, bagi pemegang nomor pendaftaran KIP Kuliah yang memilih prodi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) atau Universitas Islam Negeri (UIN), jika mereka lolos dan dinyatakan diterima di prodi kampus tersebut, maka status mereka sebagai pemegang nomor pendaftaran KIP kuliah dinyatakan nggak berlaku.

Baca Juga: Gagal SNMPTN 2021? Yuk Ikut SBMPTN 2021, Cek Dulu Alur Pendaftarannya

Untuk itu, LTMPT mengimbau para pemegang KIP Kuliah untuk mencermati pilihan prodi saat melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 jika mereka ingin status mereka sebagai pemegang nomor pendaftaran KIP Kuliah tetap berlaku. (*)

Baca Juga: Membedah Strategi Bisnis Online Lewat Ajang Win Your Future 2021, Pelajar SMA dan Mahasiswa Ikutan Yuk!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest