Follow Us

5 Manfaat Olahrga untuk Kesehatan Otak biar Nggak Sering Gagal Fokus

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 08 Maret 2021 | 19:57
Ilustrasi olahrga untuk kesehatan otak biar nggak sering gagal fokus.
pixy.org

Ilustrasi olahrga untuk kesehatan otak biar nggak sering gagal fokus.

HAI-Online.com - Kalian sering ngalamin yang namanya gagal fokus atau kurang konsentrasi? Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena kurang olahraga.

Selain bermanfaat buat kesehatan fisik tubuh, olahraga ternyata juga punya banyak manfaat bagi kesehatan otak, lho, sob.

Dilansir dari Kompas.com, berolahraga membuat semua otot akan bergerak dan merangsang pertumbuhan sel, juga memperlancar aliran hormon dalam tubuh.

Baca Juga: Cegah Capek Akibat Keseringan Belajar Online dengan 4 Cara Ini

Simak nih 5 manfaat olahraga untuk kesehatan otak biar kalian nggak sering gagal fokus, sob.

1. Bantu tingkatkan konsentrasi

Dilansir dari nationalgeographic.grid.id, dalam study yang dilakukan di AS, ditemukan adanya hubungan antara olahraga dan kemampuan konsentrasi.

Dari hasil penelitian, para pelajar yang berolahraga menjadi lebih bugar dan terlihat perkembangan signifikan dalam hal konsentrasi belajar, melakukan pekerjaan multitasking serta tetap fokus.

2. Memperlancar suplai hormon BDNF

Masih dilansir dari Kompas.com, manfaat selanjutnya dari olahraga adalah bisa memacu bahan aktif kimia yang dikenal sebagai faktor otak neurotropik (Brain Derived Neurotropic Factor/BDNF), yang bisa merangsang pertumbuhan sel otak.

Aktivitas ini terjadi di hippocampus, yaitu wilayah otak yang bertanggung jawab untuk memori otak.

Maka dari itu, para ahli menyarankan untuk berolahraga lebih sering agar hormon BDNF makin aktif sehingga ingatan kita pun semakin tajam dan kita nggak cepat lupa alias pikun.

Source : cewekbanget.grid.id, Halodoc.com, KOMPAS.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest