Follow Us

Perusahaan Jepang Kembangkan "NICOBO" Robot Mirip Kucing yang Menggemaskan

Ferry Budi Saputra - Rabu, 24 Februari 2021 | 19:25
Robot Mirip Kucing NICOBO
YouTube Panasonic

Robot Mirip Kucing NICOBO

HAI-Online.com - Perusahaan Jepang, Panasonic mengumumkan proyek baru bernama NICOBO. NICOBO adalah robot mirip kucing yang berfungsi sebagai pendamping dengan kepribadian yang kuat. Bahkan, robot ini juga berbicara ketika tidur.

Baca Juga: Spotify Bakal Hadirkan Fitur Lossless Audio Kualitas Tinggi Tahun 2021

Melansir dari Grapee.jp, Robot abu-abu yang berukuran kecil ini dapat menatap pemiliknya, mengedipkan matanya, dan mengibaskan ekornya. NICOBO Mirip sekali seperti kucing.

Kalian juga dapat berbicara dengan NICOBO dan dia akan menjawab dengan bahasanya sendiri yang disebut MOCO. Tetapi, saat ini masih tersedia dalam bahasa Jepang.

Panasonic terus mengembangkan produk untuk membuat hidup masyarakat lebih nyaman salah satunya dengan mengembangkan robot NICOBO yang mirip seperti kucing itu.

Pemimpin Proyek, Yoichiro Masuda mengatakan, "Tapi bagaimana dengan hati orang? Saya bertanya-tanya apakah kecepatan informasi dan perkembangan alat komunikasi telah membuat hubungan antarmanusia lebih beragam, dengan mengorbankan sedikit ruang dalam pikiran kita," ujarnya.

Bekerja sama dengan Panasonic, NICOBO memiliki konsep "weak robot" dikembangkan oleh Profesor Okada dari Universitas Teknologi Toyohashi. Robot NICOBO pada dasarnya tidak berdaya dan dia tidak bisa bergerak sendiri, jadi hanya perlu diperhatikan saja.

Namun, bukan berarti dia akan selalu diam saja. NICOBO akan mengibas-ngibaskan ekornya dan bersuara lembut jika dibelai atau digendong. Tapi, ada kalanya NICOBO akan ngambek dan berpaling untuk menarik perhatian si pemilik.

Baca Juga: Lebih Canggih dari Etalase Warteg dan Anti Corona, Perusahaan Jepang Kembangkan Teknologi Baru Panel Tanpa Sentuh

"Maksud di balik "weak robot" seperti NICOBO adalah untuk menciptakan robot yang secara tidak sengaja akan menarik perhatian orang untuk membantunya. Robot ini secara langsung dapat menghibur seseorang dan membuat mereka tersenyum," ujar pengembang.

Adapun Spesifikasi NICOBO:

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest