Follow Us

Sekolah Udah Lama Tutup, Remaja Ini Jadi Guru Dadakan Selama Pandemi

Al Sobry - Rabu, 24 Februari 2021 | 12:02
Sekolah Udah Lama Tutup, Remaja Ini Jadi Guru Dadakan Selama Pandemi

Sekolah Udah Lama Tutup, Remaja Ini Jadi Guru Dadakan Selama Pandemi

HAI-Online.com - Setelah sekolah-sekolah ditutup sejak Maret 2020 akibat kebijakan pembatasan sosial demi mencegah penyebaran Covid-19, banyak siswa yang harus belajar dari rumah dan menghadapi pendidikan yang berubah.

Secara mendadak, Valeria pun mengubah semacam ruang tamu utama di rumahnya di Maracay menjadi sebuah kelas lesehan.

Dia menempatkan meja makan di dekat pintu depan, satu-satunya tempat di rumah yang mendapat pencahayaan alami.

Di sana, di antara tumpukan buku dan buku catatan, dia berbincang dengan BBC di sela menunggu siswa yang diajarnya.

"Sepupu-sepupu saya nggak paham dengan PR mereka, mereka butuh bantuan. Saya bisa membantu mereka dan saya lakukan itu. Tapi kemudian banyak siswa lain yang mulai ikutan," katanya sambil membereskan PR-nya sendiri, yang sudah memasuki tenggat waktu untuk dikumpulkan.

Valeria tinggal bersama ibunya, saudara laki-laki dan lima orang lainnya di sebuah rumah kecil beratap seng di La Pedrera, sebuah permukiman di pinggiran Maracay berjarak hampir 100 kilometer sebelah barat Ibu Kota Caracas.

Pada satu kesempatan, dia telah menggaet 10 siswa, termasuk beberapa teman sekelasnya. Pada Desember kemarin, dia sempat mengaku kelelahan.

"Ada banyak yang harus dikerjakan, selain tugas-tugas saya sendiri, sehingga saya mehrada nggak sanggup nih, melanjutkannya. Tapi saya nghak boleh nyerah," ujarnya.

Lalu, Valeria memutuskan akan lebih baik untuk mengajari mereka satu per satu.

Baca Juga: Kepsek Pecat Guru Honorer yang Posting Gajinya di FB, Penghasilannya Semiris Bu Mus di Laskar Pelangi

"Ini sulit sih, untuk mengajarkan mereka sekaligus. Jadi saya tanya ke mereka kapan PR mereka harus diselesaikan, dan mulai dengan mereka yang memiliki tenggat waktu paling dekat. Saya berusaha untuk membantu seorang anak tiap harinya, dan meluangkan waktu untuk PR saya sendiri," kata Valeria.

Meski kondisi mengajar di rumah Valeria cukup bising, namun nggak ada yang mampu mematahkan konsentrasinya mentransfer pemahaman belajar: ada ayam berkokok dan mematuk-matuk lantai tanah, anak-anak yang berlarian, keributan dari dapur saat ibu mempersiapkan makanan. Valeria tetap memberikan pelajarannya.

Halaman Selanjutnya

Rumah Valeria Torres
1 2

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest