Follow Us

Lebih Canggih dari Etalase Warteg dan Anti Corona, Perusahaan Jepang Kembangkan Teknologi Baru Panel Tanpa Sentuh

Ferry Budi Saputra - Selasa, 23 Februari 2021 | 10:30
Teknologi Panel Tanpa Sentuh
murakami kaimeido

Teknologi Panel Tanpa Sentuh

HAI-Online.com - Efek pandemi Covid-19, dikabarkan perusahaan di Jepang sedang mengembangkan panel tanpa sentuh (tidak menggunakan tombol) untuk menghindari kontak langsung. Hal ini dilakukan sebagai respon terhadap penyebaran virus korona.

Baca Juga: Rumor Terbaru iPhone 13: Punya Fitur Always-On Display, Tapi Desain Nggak Banyak Perbedaan

Melansir dari grapee.jp, pengembangan panel tanpa sentuh ini bertujuan mengurangi penyebaran Covid-19, agar setiap individu memiliki kehati-hatian yang ekstra ketika melakukan kontak dengan barang-barang publik seperti gagang pintu hingga tombol-tombol.

Pengembangan panel tanpa sentuh diusulkan para pencipta di Jepang terinspirasi dari hologram fiksi ilmiah. Alat ini diharapkan dapat membantu, setidaknya dalam masalah barang yang harus menggunakan tombol di tempat umum.

Inovasi baru ini merupakan gagasan Murakami Kaimeido dari Shizuoka, produsen suku cadang otomotif khusus teknologi cermin, yang juga merupakan sebuah perusahaan pengembangan di Prefektur Kyoto.

Baca Juga: Mobil Terbang Siap Meluncur 2021, Inggris Siapkan Bandara Pertama untuk Parkir

Mereka telah mengembangkan apa yang mereka sebut "Floating Pictogram Technology", sebuah inovasi yang akan memasang sistem non-kontak untuk panel yang biasa digunakan di lift, ATM, dan toilet umum.

Konsep tersebut akan menerapkan sistem floating image (gambar yang mengambang) yang sangat terhubung dengan sensor, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengarahkan jari mereka di atas gambar (tombol) yang mengambang.

Murakami Kaimeido sudah mulai menyediakan sampel dan menargetkan produksi massal pada tahun 2022, sambil melakukan perbaikan.

Tentu jika panel tanpa senuh ini berhasil direalisasikan, maka nggak mustahil suatu saat akan diterapkan juga di Indonesia, meskipun pascapandemi covid-19. Inovasi ini juga bisa dibilang sebagai kemajuan teknologi yang akan sangat berguna bagi kesehatan masyarakat. (*)

Baca Juga: Inilah 5 Kota dengan Koneksi Internet Paling Cepat di Indonesia

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest