Follow Us

UPI Bakal Buka 5 Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2021

None - Sabtu, 30 Januari 2021 | 11:00
Gedung Universitas Pendidikan Indonesia
lppm.upi.edu

Gedung Universitas Pendidikan Indonesia

HAI-Online.com - Universitas Pendidikan Indonesia menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang paling banyak diminati oleh para calon mahasiswa di ajang SNMPTN dan SBMPTN 2020. Diketahui pada SNMPTN, UPI berada di posisi keenam dan pada SBMPTN berada di posisi ketujuh.

Baca Juga: Sea Tawarkan Beasiswa di 6 Kampus Terbaik Indonesia, Cek Jadwal Seleksinya

UPI bakal membuka lima jalur seleksi pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Hal ini dipastikan Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru (RMB) UPI, Ahmad Mudzakir mengatakan, lima jalur tersebut yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri, Prestasi Mahasiswa, dan PPA Mandiri Diploma (D3).

Untuk SNMPTN, seleksi berdasarkan pada prestasi di sekolah, dari semester 1-5, lalu kemudian kuota peserta yang diajukan berdasarkan akreditasi sekolah. "Khusus dalam prestasi seni dan olahraga mencantumkan portofolio," ungkapnya.

Kemudian, seleksi lewat SBMPTN persyaratan utamanya adalah memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Adapun penilaian dalam SBMPTN ditentukan dalam nilai UTBK.

Baca Juga: 4 Jurusan Kuliah yang Paling Diincar untuk Profesi Data Science

Selanjutnya, Seleksi Mandiri UPI 2021 juga menggunakan nilai tes UTBK, tes psikologi bidang minat, dan tes terpadu. Total poin dari tes itu menjadi penilaian dalam Seleksi Mandiri UPI.

Lalu, seleksi lewat jalur Prestasi Istimewa harus memiliki nilai karya seni atau teknologi monumental. Namun, dengan syarat telah mendapatkan pengakuan dari masyarakat, diajukan hak cipta atau mendapatkan suara keterangan dari pejabat sekitar. Calon mahasiswa juga harus memiliki prestasi akademik maupun non akademik.

Adapun level paling rendah di prestasi akademik yaitu tingkat provinsi. Sedangkan level terendah di prestasi non akademik ada di tingkat kabupaten/kota. Jalur seleksi yang terakhir adalah PPA mandiri. Proses seleksinya didasarkan dengan nilai rapor dan pengumpulan berkas yang dikirim lewat kantor pos.

Baca Juga: Luncurkan Prodi Baru, UI Siapkan Lulusan Kelola Bisnis Kreatif

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "UPI Rekrut Calon Mahasiswa Lewat 5 Jalur Seleksi"

Penulis: Ferry Budi Saputra

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest