Follow Us

4 Jurusan Kuliah yang Paling Diincar untuk Profesi Data Science

None - Jumat, 29 Januari 2021 | 12:30
Ilustrasi Data Science
Pixabay.com

Ilustrasi Data Science

HAI-Online.com - Era yang serba digital kini hampir seluruh lini bisnis membutuhkan tenaga kerja praktisi data guna pengolahan data perusahaan. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang mencari tenaga ahli dalam pengolahan data perusahaan.

Baca Juga: Luncurkan Prodi Baru, UI Siapkan Lulusan Kelola Bisnis Kreatif

Sayangnya, besarnya angka kebutuhan tidak diimbangi dengan sumber daya manusia yang ada. Tak bisa dipungkiri, data dianggap sebagai harta yang memiliki nilai tinggi, yang berguna untuk melihat berbagai kebutuhan bisnis. Bahkan, masa mendatang bukan tidak mungkin semuanya akan serba data.

Oleh sebab itu, kini banyak orang yang tertarik untuk bisa berprofesi sebagai praktisi data.

Melansir DQLab Universitas Media Nusantara (UMN), ada sejumlah jurusan kuliah yang paling banyak diincar untuk profesi data.

Kebanyakan dari mereka yang terjun ke industri data adalah mereka yang memiliki latar belakang pendidikan Science, Technology, Engineer, & Math (STEM).

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang non-STEM, sebab siapa pun berkesempatan untuk menjadi seorang praktisi data tanpa memiliki latar belakang pendidikan tertentu. Berikut ini bidang atau jurusan yang dicari:

1. Matematika

Seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan matematika dinilai dapat lebih siap menghadapi industri data yang sesungguhnya dan berpeluang besar untuk terjun ke dunia data.

Kuliah di jurusan ini akan membuat kalian memiliki kemampuan untuk menerapkan algoritma statistika dalam konteks bisnis untuk melakukan pemodelan data exploratory, predictive, dan prescriptive guna menghasilkan rekomendasi dengan tingkat akurasi yang tinggi menjadi bekal penting dan sangat dicari perusahaan.

Baca Juga: Segera Simpan Permanen! Registrasi Akun LTMPT Tahap I Kurang Dari Seminggu Lagi

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest