Follow Us

5 Band Indonesia yang Perhatian dengan Isu Lingkungan, Banyak yang Dari Bali

None - Kamis, 07 Januari 2021 | 11:00
Navicula
Facebook/Navicula

Navicula

HAI-ONLINE.COM - Isu lingkungan merupakan salah satu isu yang paling seksi dan sering dibicarakan belakagan ini. Terdapat berbagai pro - kontra dan perdebatan yang selalu muncul dalam memandang kondisi lingkungan di sekitar kita.

Wadah untuk mengkampanyekan pemeliharaan lingkungan dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah musik. Band-band di artikel ini kerap menyisipkan keresahan mereka terhadap kerusakan lingkungan yang mereka tuangkan dalam nada. Simak daftarnya:

Navicula

Navicula, 2020.
Dok. Navicula

Navicula, 2020.

Band gaek yang berasal dari Pulau Dewata ini sudah dikenal malang melintang di pentas permusikan tanah air maupun mancanegara.

Tak jarang publik juga menyematkan label ‘The Green Grunge’ karena konsep dan pesan yang mereka bawakan selalu beririsan dengan aktivitas mereka dalam isu-isu sosial dan juga lingkungan.

Band yang telah terbentuk sejak tahun 1996 ini beranggotakan Robi, Dadang, Made, dan Gembul.

Proses kreatif memiliki pengaruh kuat dari gelombang Seattle sound yang juga berhasil menembus tanah air di medio 1990-an. Aroma dan nada khas Soundgarden ataupun Alice in Chains dapat kalian temukan jika mengulik sebagian lagu dari mereka.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Band Rock dari Luar Pulau Jawa yang Wajib Masuk Playlist Lo

Menariknya, Navicula tidak pernah lupa dengan Bali sebagai akar mereka. Setiap karya yang berhasil mereka telurkan selalu berakar kuat dari kecintaan mereka terhadap Bali, terutama dalam pemeliharaan budaya dan lingkungannya.

Nomor ‘Harimau’ dan ‘Orangutan’ adalah buah dari hasil kepedulian mereka terhadap kondisi lingkungan di Indonesia yang sudah memprihatinkan.

Halaman Selanjutnya

Dialog Dini Hari
1 2 3 4

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest