Follow Us

Cermati 3 Ketentuan Pemeringkatan Siswa untuk SNMPTN 2021

None - Rabu, 23 Desember 2020 | 13:56
Logo SNMPTN
SNMPTN

Logo SNMPTN

HAI-ONLINE.COM - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi salah satu jalur yang bisa kalian tempuh buat masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN sendiri dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun, sebagaimana dilansir dari laman LTMPT, Rabu (23/12/2020). Untuk itu, sekolah akan melakukan pemeringkatan siswa berdasarkan ketentuan dari LTMTP. Namun sebelumnya, data jumlah siswa dan status akreditasi sekolah harus terlebih dahulu dipastikan. Hal itu dilakukan untuk menentukan data jumlah siswa dan status akreditasi sekolah untuk penentuan kuota siswa peserta SNMPTN 2021 (Siswa Eligible).Nah, setelah data tersebut beres, sekolah dapat menentukan pemeringkatan siswa sesuai ketentuan pemeringkatan siswa oleh sekolah dari LTMPT.

Baca Juga: Foto Lawas Menparekraf Baru, Sandiaga Uno: Dulu Nongkrong Bareng Erick Thohir #1 Mata pelajaranAdapun pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah yang pada dasarnya memperhitungkan nilai mata pelajaran sebagai berikut:Jurusan IPA: Matematika Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Kimia Fisika BiologiJurusan IPS:

Matematika Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Sosiologi Ekonomi GeografiJurusan Bahasa:

Baca Juga: Masih Bandel Aja, Polisi di Kediri Bubarkan Pertandingan Voli dan Live Music Matematika Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Sastra Indonesia Antropologi Salah satu Bahasa AsingSMK: Matematika Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Kompetensi Keahlian#2 Prestasi akademikSekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.#3 Jumlah siswaJumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah.Untuk info lengkap mengenai tahapan pemeringkatan siswa oleh sekolah, kalian dapat mengunjungi pusat informasi SNMPTN 2021 yang bisa diunduh dari laman resmi LTMPT, http://www.ltmpt.ac.id.

Penulis: Hanif PanduArtikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Simak Ketentuan Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah di Jalur SNMPTN 2021”

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest