Follow Us

Hati-Hati, Google Bakal Serahkan Data Diri ke Polisi Kalo Kamu Cari Kata Kunci Tertentu

Dio Firdaus - Rabu, 04 November 2020 | 20:15
Ilustrasi menggunakan Google
Shutterstock/NuttapolSn

Ilustrasi menggunakan Google

HAI-Online.com - Hadirnya internet saat ini sukses memudahkan banyak orang dalam melakukan kegiatan. Contoh kayak saat ini nih, kamu bisa baca berita di HAI.

Namun terkadang, internet juga bisa jadi pisau bermata dua yang artinya bisa membahayakan bagi diri sendiri. Bukannya dapat infromasi, malah dikenakan pasal.

Sebuah dokumen di pengadilan yang nggak disegel mengungkap hal mengejutkan.

Google ternyata telah memberikan informasi kepada pihak kepolisian tentang pengguna internet hanya berdasarkan penelusuran kata kunci mereka.

Jadi apabila ada warganet yang mencari informasi dengan mengetik beberapa kata kunci tertentu di Google, maka data IP netizen tersebut langsung dikirim ke pihak kepolisian.

Baca Juga: Yeay! Risiko Penyebaran Coronavirus di Gigs Indoor

Apa yang dilakukan oleh Google ini ternyata dianggap sebuah tindakan berlebihan dari beberapa pihak. Bahkan apa yang dilakukan oleh Google tersebut dianggap melanggar hak sipil warga negara termasuk di kantor pusat Google di Amerika Serikat (AS).

Ilustrasi
Shutterstock/icsnaps

Ilustrasi

Melansir dari Wartakotalive dari laporan CNET pada hari Sabtu, petugas telah meminta raksasa teknologi tersebut untuk menyerahkan alamat IP (Internet Protocol) semua orang yang telah mencari kata-kata yang relevan dengan penyelidikan khusus kepolisian.

Biasanya, pihak kepolisian akan memeriksa tersangka terlebih dahulu dalam sebuah kasus yang menjeratnya. Selanjutnya pihak kepolisian akan mengirimkan surat perintah ke pihak Google untuk memberikan riwayat pencarian orang tersebut di internet.

CNET melaporkan bahwa penyelidik 'mengirim surat perintah penggeledahan ke Google yang meminta informasi tentang pengguna yang telah menggeledah alamat kediaman di dekat pembakaran'.

Source : Daily Mail, Sosok.id

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest