Follow Us

Hari Ini Ulang Tahun Google ke-22, Dari Doodle Kebongkar Cerita Namanya

Annisa Putri Salsabila - Minggu, 27 September 2020 | 13:22
Tangkapan beranda Google memperlihatkan Google Doodles ulang tahun ke-22 dari Google.
google.com

Tangkapan beranda Google memperlihatkan Google Doodles ulang tahun ke-22 dari Google.

HAI-Online.com- Hari ini, Minggu (27/9/2020), perusahaan raksasa Google merayakan ulang tahun yang ke-22. Setiap tahunnya Google membuat logo atau Doodle khusus yang biasanya ditampilkan di beranda Google.

Pada hari ini, Google Doodle menampilkan animasi huruf 'G' berwarna biru yang mengenakan topi ulang tahun, makan sepotong kue, dan menjelajahi internet. Tampilannya seperti manusia yang melakukan video call dengan teman-temannya saat berulang tahun.

Mereka merayakannya dengan cara online karena pandemi virus corona.

Lewat laman resminya, Google menjelaskan namanya yang sekarang terkenal ternyata dulunya merupakan permainan istilah matematika yang muncul saat jalan-jalan sekitar 1920.

Baca Juga: Warganet Rame Komentari Fadli Zon yang Pamer Foto Jaman SMP, Disebut Mirip John Lennon

"Saat berjalan di hutan New Jersey, matematikawan Amerika Edward Kasner meminta keponakannya yang masih muda, Milton Sirotta, untuk membantunya memilih nama untuk angka yang mencengangkan: 1 diikuti 100 angka nol," tulis Google.Lalu apa jawaban Milton? Dia menjawab Googol. Istilah itu memperoleh visibilitas luas dua puluh tahun kemudian saat dimasukkan dalam buku yang ditulis bersama Kasner.

Buku yang terbit pada 1940 itu berjudul "Matematika dan Imajinasi". Googol menjadi istilah matematika yang berarti '10 yang dipangkatkan 100.

Kapan Google didirikan? Dilansir The Independent, Sabtu (26/9/2020), mesin pencari ini didirikan pada September 1998 oleh dua mahasiswa PhD, Larry Page dan Sergey Brin, di asrama mereka di Universitas Stanford California.

Setelah mengembangkan algoritme penelusuran yang dikenal sebagai 'Backrub' dua tahun sebelumnya, Page dan Brin memilih nama Google untuk proyek baru mereka karena mengingat kata 'googol'.Pada saat World Wide Web masih dalam tahap awal, tujuan mulia Page dan Brin membuat Google adalah untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal.

Meski awalnya dibayangi mesin pencari saingan seperti Yahoo dan Ask Jeeves, Google telah berkembang menjadi situs web paling populer di dunia saat ini dengan lebih dari 63.000 pencarian dilakukan setiap detik.

Baca Juga: Keunikan Dekat Candi Borobudur Ternyata Ada Wisata Gethek Bambu Lho!

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest