Follow Us

Disebut Bakal Buka Blokir Netflix Akhir Pekan Ini, Begini Tanggapan Telkom

Bayu Galih Permana - Kamis, 02 Juli 2020 | 11:10
Netflix
iStock Editorial

Netflix

HAI-Online.com - Baru-baru ini, beredar kabar yang menyebut bahwa Telkom Group akan membuka blokir mereka terhadapa layanan video streaming Netflix pada akhir pekan ini.

Baca Juga: Telkom Mau Unblock Netflix, Asalkan Berani Hapus Konten Pornografi

Menurut kabar dari salah seorang sumber yang mengetahui permasalahann tersebut, disebutkan bahwa Telkom akan membuka blokir pada pekan pertama Juli 2020.

Ketika dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengaku bahwa pihaknya sampai saat ini belum bisa memberikan kepastian.

Tapi, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan rencana pembukaan blokir Netflix oleh Telkom Group, yang akan dilakukan dalam hitungan minggu.

Baca Juga: Kebiasaan Anya Geraldine Minum Susu Pake Botol Bayi Sampe Disorot Media Asing

"Kami sedang dalam proses bicara serius dengan Netflix, menuju ke arah sana, ke arah kami memperbolehkan pelanggan kami mengakses Netflix dari network Telkom Group," ujar Anto seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Anto mengatakan, ada beberapa alasan yang akhirnya membuat Telkom Group melunak untuk membuka blokir Netflix, salah satunya adalah adanya fitur parental control atau kontrol orangtua di layanan mereka.

"Kami lihat Netflix sudah berubah, ada parental control, banyak bekerja sama dengan produsen konten lokal, ada takedown policy yang lebih baik dari dulu, sehingga kami sedang dalam proses bicara serius dengan Netflix menuju ke sana (pembukaan blokir)," tambahnya.

Baca Juga: Rhoma Irama Kedapatan Manggung di Tengah Pandemi, Para Penonton Diminta Rapid Test

Takedown policy menjadi salah satu pembahasan yang alot antara Telkom Group dan Netflix, di mana Telkom meminta agar Netflix bersedia menurunkan tayangan dalam 24 jam apabila ada komplain dari pelanggan.

Penyedia layanan on-demand video streaming lain seperti Hooq dan iFlix yang dulu di-bundling dengan paket internet kabel IndiHome besutan Telkom disebut menyanggupi kebijakan itu. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Telkom Cabut Blokir Netflix Pekan Ini?".

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest