Follow Us

5 Negara Ini Diprediksi Punya Militer Terkuat di Dunia pada 2030, Indonesia Termasuk Nggak Ya?

Bagas Rahadian - Rabu, 24 Juni 2020 | 13:30
Ilustrasi militer China
Kompas.com

Ilustrasi militer China

HAI-Online.com - Setiap negara di dunia tentu membutuhkan keberadaan angkatan bersenjata dengan segala macam fungsinya, seperti melindungi keamanan dan kedaulatan negara, hingga berpartisipasi menjaga kedamaian dunia.

Kekuatan militer setiap negara pun sejatinya berbeda-beda yang dinilai dari sejumlah faktor.

Melansir Kompas.com, kekuatan militer sebuah negara bisa ditentukan dari jumlah personel aktif, jumlah alutsista hingga anggaran militer negara itu.

Sementara, berdasarkan laporan versi The National Interest yang dikutip dari Intisari Online, ada tiga tolok ukur baru untuk mengukur kekuatan militer sebuah negara, yakni: akses ke sumber daya nasional, termasuk basis teknologi inovatif; dukungan yang memadai dari otoritas politik tanpa mengorbankan independensi organisasi angkatan militer; dan pengalaman militer tersebut dalam belajar dan berinovasi di dunia nyata.

Nah, berdasarkan tolok ukur tersebut, kini muncul daftar baru sejumlah negara yang diprediksi bakal punya bala tentara terkuat dalam sepuluh tahun mendatang yakni di tahun 2030.

Baca Juga: Aplikasi Ini Kasih Hadiah Uang Rp 353 Juta Buat Orang yang Taruh Jari Terlama di Layar Ponsel

Dan kalo denger informasi kayak gini, tentu ada satu pertanyaan yang muncul di benak warga +62: Indonesia termasuk ke dalam daftar nggak, ya? Nah, langsung baca aja deh.

1. India

Tentara India dinilai kompeten untuk berdiri di samping pasukan tempur darat paling elit di dunia manapun.

Angkatan daratnya telah berurusan dengan operasi tempur melawan pemberontakan Maois, pemberontakan yang didukung Pakistan di Kashmir, dan berbagai operasi domestik kecil lainnya.

Di samping itu, angkatan darat India juga siap untuk pertempuran intensitas tinggi melawan Pakistan, setelah lama menerima pelatihan tempur yang realistis.

Dengan portofilio dari segi pengalaman, militer India dinilai pantas masuk di daftar ini.

Halaman Selanjutnya

2. Perancis
1 2 3

Source : intisari online

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest