Follow Us

Heboh Awan Berbentuk Ledakan Nuklir di Dekat Chernobyl, Ini yang Sebenarnya Terjadi

Bayu Galih Permana - Rabu, 24 Juni 2020 | 10:30
Langit berbentuk ledakan nuklir di Ukraina
CEN/NATALI.MINAKOVA

Langit berbentuk ledakan nuklir di Ukraina

HAI-Online.com - Baru-baru ini, masyarakat Ukraina dibuat panik dengan kemunculan awan yang berbentuk mirip dengan ledakan nuklir di langit kota Kiev.

Menurut laporan, kemunculan awan tersebut mengundang kepanikan warga setempat dan membawa memori mereka ke bencana Chernobyl pada tahun 1986 silam.

Apalagi, awan berbentuk ledakan nuklir tersebut muncul di langit dengan jarak yang hanya sejauh 60 mil (sekitar 96 kilometer) dari Chernobyl.

Dibagikan warga lokal melalui akun media sosial mereka, sejumlah pengguna terlihat mempertanyakan keterkaitan awan tersebut dengan presiden Rusia, Vladimir Putin.

Baca Juga: Konser Opera Kembali Digelar di Spanyol Paska Lockdown dengan Pohon Sebagai Penontonnya

"Apakah Putin sedang mencoba senjata nuklir terbarunya?" tulis salah seorang pengguna media sosial mengomentari foto awan berbentuk ledakan nuklir tersebut.

Mengomentari foto yang ramai menjadi bahan perbincangan di media sosial, pemerintah Ukraina meminta warga untuk nggak khawatir dengan kemunculan awan tersebut.

Langit berbentuk ledakan nuklir di Ukraina.
CEN/@MNS.GOV.UA

Langit berbentuk ledakan nuklir di Ukraina.

Otoritas setempat menjelaskan, kemunculan awan tersebut bukan berasal dari ledakan nuklir, namun fenomena langka yang dikenal dengan nama anvil cloud.

Baca Juga: Punya Lubang Kecil Dekat Telinga? Nggak Usah Takut, Cek Penjelasan Ilmiahnya Dulu Nih

"Kami juga pernah menemui fenomena ini sebelumnya di atas langit Kiev, Ternopil, dan Vinnitsa sebelumnya," ujar otoritas setempat.

Lebih lanjut, otoritas setempat meminta warganya untuk diam dalam rumah atau membawa payung ketika keluar karena awan itu biasanya menandakan adanya hujan dan badai yang akan datang. (*)

Source : Unilad

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest