Follow Us

Belum Pernah Terlihat Sebelumnya, Peneliti Temukan Objek Raksasa Misterius di Luar Angkasa

Bayu Galih Permana - Rabu, 24 Juni 2020 | 12:27
Ilustrasi bintang neutron
via ScienceAlert

Ilustrasi bintang neutron

HAI-Online.com - Baru-baru ini, para peneliti dilaporkan telah menemukan sebuah objek raksasa misterius di luar angkasa, yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

Seperti dilansir HAI dari LADbible, objek misterius tersebut dipercaya merupakan black neutron star, yang mempunyai ukuran jauh lebih besar dari bintang neutron biasanya.

Meskipun memiliki ukuran lebih besar dibandingkan bintang neutron pada umumnya, masanya black neutron star yang ditemukan ini lebih kecil jika dibandingkan dengan lubang hitam.

Menurut laporan, objek misterius ini berhasil ditemukan oleh alat detektor gelombang gravitasi milik kelompok ilmuwan di Italia dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Heboh Awan Berbentuk Ledakan Nuklir di Dekat Chernobyl, Ini yang Sebenarnya Terjadi

Para peneliti percaya, temuan ini dapat membuka jalan baru bagi mereka untuk mengetahui dan mempelajari objek itu lebih dalam.

"Kami nggak tahu itu apa dan itulah mengapa temuan ini sangat menarik bagi bidang yang kami pelajari," ujar salah seorang mahasiswa PhD dari Universitas Cardiff, Charlie Hoy kepada BBC.

Hoy mengatakan, timnya bekerja menggunakan detektor laser raksasa dengan ukuran 1 kilometer panjangnya, untuk mengenali lubang kecil dalam ruang waktu yang disebabkan oleh tabrakan benda-benda luar angkasa.

Sementara itu, Profesor Nils Andersson dari Universitas Southampton mengatakan bahwa para ilmuwan wajib meninjau kembali seluruh teori di sekitar objek apabila benda misterius itu merupakan bintang neutron berat.

Baca Juga: Aplikasi Ini Kasih Hadiah Uang Rp 353 Juta Buat Orang yang Taruh Jari Terlama di Layar Ponsel

"Ketika bintang-bintang yang paling masif mati, mereka runtuh di bawah gravitasinya sendiri dan meninggalkan lubang hitam," jelas Andersson.

"Saat bintang-bintang yang sedikit lebih besar mati, mereka meledak di supernova dan meninggalkan sisa-sisa bintang mati yang disebut bintang neutron padat," tambahnya.

Hmm, kalau menurut kalian sendiri gimana? Kira-kira objek raksasa misterius apa sih yang berhasil ditemukan oleh para ilmuwan? (*)

Source : ladbible.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest