Follow Us

Seberapa Kenceng Sih Internet di Kantor Pusat Google?

Alvin Bahar - Kamis, 11 Juni 2020 | 10:00
Kantor Google
technologyreview.com

Kantor Google

HAI-ONLINE.COM - Internet cepat pastinya sangat dicari. Apalagi buat lo yang suka mengunggah dan mengunduh file-file dengan size melebihi 1 GB.

Kalian pasti penasaran, dong, dengan kecepatan internet yang ada di kantor pusat Google yang ada di Mountain View, Amerika Serikat?

Tim KompasTekno memiliki kesempatan main ke sana dalam rangka konferensi Google I/O 2019.

Dalam artikel "Menjajal Kecepatan Internet di Markas Google, Sekencang Apa?", mereka menjelaskan bagaimana kecepatan internet di Markas Google pusat.

Mereka mencoba kecepatan koneksi di markas sang raksasa internet dan menguji kecepatan internetnya dengan 2 aplikasi, yakni nPerf dan Speedtest.

Baca Juga: Tinggal di Negara Tropis, Mandi Malam Hari Punya 4 Keuntungan Lho

Bahan uji cobanya adalah jaringan Wi-Fi publik yang tersedia di lingkungan kantor Google.

Menurut staf perusahaan Google yang ditemui KompasTekno, ada dua jaringan internet yang ada di kantor pusat Google, yakni untuk karyawan internal dan juga pengunjung.

Akan tetapi, KompasTekno hanya bisa mencoba internet untuk publik saja, namun kecepatannya juga nggak mengecewakan, bahkan luar biasa.

NPerf mencatat kecepatan downlink maksimum sebesar 131,42 Mbps, dengan rata-rata 127,07 Mbps.

Baca Juga: Termasuk Soundtrack Black Panther 2, Beyonce Direncanakan Nyanyi Untuk 3 Film Disney

Sedangkan Uplink, raihan angkanya mencapai hampir 100 Mbps. Speedtest menunjukkan hasil yang lebih tinggi lagi, yakni 148 Mbps, untuk download serta upload memiliki kecepatan 209 Mbps.

Uniknya, staf Google yang ditemui oleh KompasTekno tadi mengatakan, kecepatan internet di sana sedang menurun karena banyak digunakan tamu undangan acara Google I/O.

Kamu bayangin aja kalau penggunanya lagi sedikit, kecepatannya bisa mencapai kisaran 200 Mbps!

Kualitas jaringan internet di Amerika Serikat memang tergolong paling cepat di dunia, sedangkan Indonesia masih duduk di peringkat ke-72 dari 77 negara dalam hal kecepatan akses internet.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest