Follow Us

Filter Instagram Ternyata Bisa Dipakai untuk Mengecek Kondisi Mental Diri

Alvin Bahar - Rabu, 10 Juni 2020 | 09:00
Contoh filter instagram di aplikasi Spark AR

Contoh filter instagram di aplikasi Spark AR

HAI-ONLINE.COM - Instagram adalah media sosial berbagi foto dan video yang memiliki berbagai fitur menarik.

Salah satunya adalah pilihan filter foto yang beragam yang dapat lo pakai untuk mempercantik atau membuat foto lo lebih keren.

Tapi, lo tau nggak sih kalo dalam cara kita memilih filter yang kita gunakan di Instagram itu bisa mendeteksi kondisi mental kita lho. Nggak percaya?

Menurut para peneliti dari Harvard dan Universitas Vermont, ketika memilih filter untuk memoles foto di Instagram, hal itu bisa mengungkapkan bagaimana kondisi mental sang pengguna.

Bahkan, hal ini dianggap dapat menjadi cara yang baik untuk mendeteksi seseorang mengalami depresi.

Misalnya, ketika memilih filter Inkwell, maka dapat disimpulkan bahwa adanya tanda sang pengguna mengalami depresi klinis.

Baca Juga: 6 Bahaya Menyerang Kamu yang Suka Begadang, Dari Gangguan Mental Sampe Serangan Jantung

Berbeda dengan filter Valencia, orang yang mengalami depresi akan menghindari menggunakan filter ini.

Hal ini diakibatkan karena orang yang mengalami depresi cenderung memilih filter yang gelap dan mengatur saturasi yang lebih kecil.

Mereka juga akan memilih warna biru sebagai nuansa yang dominan dalam filter.

Dikutip dari Kompas.com, hal ini juga telah dibuktikan dengan studi yang menganalisis 144.000 postingan dari 160 akun Instagram.

Dengan bantuan sebuah program komputer, peneliti dapat memprediksi sekitar 70% kemungkinan depresi dari pengguna akun-akun tersebut.

Para ahli pun percaya bahwa dengan program komputer yang mampu mendeteksi depresi pada diri seseorang ini, dapat menjadi cara baru untuk mendata siapa saja yang sedang mengalami kondisi mental yang tidak stabil.

Para ahli berharap dengan begitu pencegahan dan pertolongan dapat diberikan secepat mungkin kepada orang-orang yang telah terdeteksi mengalami depresi sebelum tingkat depresinya menjadi serius.

Wah, mending cek deh selama ini filter apa yang paling lo sering pakai buat posting foto di Instagram. (nurul)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest