Follow Us

Viral Cerita Guru Honorer Bagikan Cara Bertahan Hidup dengan Gaji Rp200 Ribu Sebulan

Bayu Galih Permana - Rabu, 10 Juni 2020 | 09:30
Yan Budi Nugroho ketika mengajar
Dokumentasi Yan Budi Nugroho via Tribunnews

Yan Budi Nugroho ketika mengajar

HAI-Online.com - Baru-baru ini, pengguna media sosial tengah ramai membicarakan postingan dari seorang guru honorer bernama Yan Budi Nugroho, yang berbagi cerita mengenai cara bertahan hidup dengan gaji Rp200 ribu dalam satu bulan.

Melalui cuitan di akun Twitter miliknya @yanbudi18 pada Sabtu (6/6), Budi menunjukkan foto secarik kertas berisi cara dia membagi gaji sebesar Rp200 ribu yang dia dapat untuk bertahan hidup sehari-hari.

Dalam foto tersebut, Budi terlihat membagi gaji yang dia dapatkan untuk keperluan-keperluan mulai dari membeli bensin, belanja, hingga tabungan untuk menikah.

Budi menulis, ketiga kebutuhan tersebut menghabiskan Rp80 ribu gajinya sebulan, dengan rincian Rp40 ribu untuk bensin, Rp20 ribu untuk belanja sang Ibu, dan Rp20 ribu untuk tabungan nikah.

Baca Juga: Buku Perpustakaan Ini Akhirnya Dibalikin Setelah 39 Tahun, Dendanya Auto Bikin Miskin

Sementara itu, sisa gajinya yang tinggal Rp120 ribu dia pakai untuk memenuhi kebutuhan seperti memberi reward ke anak-anak dan juga jajan.

"Caraku menyikapi upah yang didapat dari hasil kerja keras mengajar. Tujuannya bukan apa-apa, hanya cerita saja. Semoga manajemen hemat ini bisa diterapkan oleh yang berpenghasilan lebih tinggi," tulisnya.

Meskipun hanya mendapat upah Rp200 ribu per bulan dari pekerjaannya, Budi mengaku tetap bersyukur atas apa yang telah dia dapatkan.

"Tapi berapapun, Alhamdulillah cukup dan wajib disyukuri. Hanya saja harus extra hati-hati dalam penggunaannya," tulisnya lebih lanjut.

Baca Juga: 6 Bahaya Menyerang Kamu yang Suka Begadang, Dari Gangguan Mental Sampe Serangan Jantung

Sontak, postingan yang hingga kini telah disukai lebih dari 5.300 kali itu pun langsung mengundang perhatian pengguna Twitter lain, di mana mereka terlihat memberi dukungan dan berterima kasih karena Yan mengajarkan mereka untuk lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki.

Salut untuk Pak Budi! Semoga ke depan, kesejahteraan dari guru-guru honorer lebih diperhatikan lagi ya sob oleh pemerintah. (*)

Source : Twitter

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest