Follow Us

Buku Perpustakaan Ini Akhirnya Dibalikin Setelah 39 Tahun, Dendanya Auto Bikin Miskin

Bayu Galih Permana - Rabu, 10 Juni 2020 | 08:20
Ilustrasi perpustakaan
PIXABAY/MANOLOFRANCO

Ilustrasi perpustakaan

HAI-Online.com - Setelah hampir 40 tahun, sebuah buku yang dipinjam di Perpustakaan Gelderland Zuid, Groesbeek, Belanda pada tahun 1981 silam akhirnya dikembalikan oleh si peminjam.

Seperti dilansir HAI dari LADbible, kisah kembalinya buku yang dipinjam selama 39 tahun lebih tersebut dibagikan langsung oleh Perpustakaan Gelderland Zuid lewat akun Twitter mereka.

Dipinjam pada Februari 1981 dan seharusnya sudah kembali 1 bulan setelahnya, buku berjudul Terugnaar Oestgeest itu mengalami keterlambatan selama 39 tahun, 13 minggu, dan 5 hari.

Menurut laporan dari RTL Nieuws, semua bermula ketika si peminjam menemukan buku tersebut saat membersihkan loteng rumahnya.

Baca Juga: 10 Jam Bersihkan Sampah Bekas Demo Seorang Diri, Remaja Ini Dihadiahi Beasiswa dan Mobil

Mengetahui hal itu, si peminjam pun langsung menuju ke Perpustakaan Gelderland Zuid untuk mengembalikan buku yang dipinjamnya 39 tahun lalu.

Awalnya petugas perpustakaan mengira hal tersebut sebagai candaan, tapi setelah dilakukan pengecekan terdapat tulisan yang menunjukkan bahwa buku itu dipinjam pada 5 Maret 1981.

"Terkadang, sebagai pegawai perpustakaan, kamu nggak bisa mempercayai apa yang kamu lihat. Dia benar-benar berusaha untuk mengembalikan buku itu," ujar si petugas perpustakaan.

Sama seperti peraturan pada umumnya, orang-orang yang terlambat mengembalikan buku ke perpustakaan akan kena denda.

Baca Juga: New Normal Versi Belanda, Partygoers Jogetnya Cuman Boleh di Kursi Doang

Apabila dihitung-hitung sesuai lama keterlambatannya, si peminjam diharuskan untuk membayar denda yang memiliki nilai mencapai 1.530 Euro (sekitar Rp 24 juta).

Beruntung, si peminjam akhirnya hanya perlu membayar sebanyak 5 Euro (sekitar Rp 80 ribu) karena Perpustakaan Gelderland Zuild mempunyai batasan denda tersendiri.

"Kalau nggak ada itu, dendanya bisa mencapai 1.530 Euro," ujar petugas perpustakaan menambahkan.

Wah, untung aja ya sob! Coba kalau nggak ada batasannya, bisa-bisa auto miskin cuma karena bayar denda buku doang tuh. (*)

Source : ladbible.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest