Follow Us

Sekolah di Jawa Tengah Diizinkan Kembali Buka, Tapi Ada Syaratnya

Bayu Galih Permana - Rabu, 10 Juni 2020 | 11:07
Ilustrasi pelajar
HAI

Ilustrasi pelajar

HAI-Online.com - Di tengah pandemi virus corona yang masih terus berlangsung hingga saat ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah memberikan izin ke sekolah-sekolah untuk kembali dibuka.

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, pernyataan tersebut disampaikan secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Jumeri.

Baca Juga: Nggak Perlu Social Dis-dancing, Para DJ Ini Tawarkan Paket Joget 18+ di Rumah Aja

Namun, sebelum dibuka kembali, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak sekolah, seperti ada di area zona hijau dan selama dua minggu nggak ada penambahan jumlah pasien Covid-19.

"Yang pasti zona hijau baru dua kabupaten dan kota yaitu Tegal (Kota) dan Rembang," ujar Jumeri di Kantor Gubernur Jateng, Semarang pada Senin (8/6) kemarin.

Baca Juga: Viral Cerita Guru Honorer Bagikan Cara Bertahan Hidup dengan Gaji Rp200 Ribu Sebulan

Juheri menambahkan, membuka kembali sekolah di masa pandemi bukan hal mudah karena ada banyak siswa yang berasal dari kabupaten atau kota lain.

"Nah kita nanti mengindentifikasi. Misalnya SMA 3 Semarang, murid dari Kendal berapa. Kalau Kendal masih merah, tidak boleh masuk dia (murid)," tambahnya.

Lebih lanjut, Jumeri menerangkan pihaknya juga tengah melakukan persiapan yang mengacu pada Kementerian Pendidikan.

Baca Juga: Buku Perpustakaan Ini Akhirnya Dibalikin Setelah 39 Tahun, Dendanya Auto Bikin Miskin

"Dinas Pendidikan sendiri sudah menyiapkan protokol kesehatan untuk sekolah, petunjuk teknis untuk penyiapan gugus tugas di sekolah, protokol berangkat sekolah, pulang sekolah, pengaturan manajemen pendidikan, pengaturan kurikulum, itu kita buat," tutup Juheri.

Hmm, kalau menurut kalian sendiri gimana sob? Apakah langkah tersebut bakal tepat atau jadi blunder seperti yang terjadi di negara-negara lain? (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sekolah di Jawa Tengah Diizinkan Kembali Buka, Ini Syaratnya".

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest