Follow Us

Jagain Physical Distancing, Kafe di Korea Selatan Pakai Barista Robot

Dio Firdaus - Minggu, 31 Mei 2020 | 09:24
Robot barista
Nytimes

Robot barista

HAI-Online.com - Kecanggihan teknologi ternyata nggak hanya berkontribusi untuk mencegah penularan dan pengobatan Covid-19 aja, tapi untuk menjaga keseimbangan ekonomi.

Hal ini terlihat dari bagaimana sebuah kafe di Korea Selatan, lebih tepatnya di Daejeon menggunakan robot yang difungsikan sebagai pengganti barista dan waiter untuk melayani pelanggan.

Lebih canggih lagi, robot ini juga dirancang untuk bisa berbicara dengan kostumer.

Baca Juga: Nggak Suka Pake Baju Ketat, Billie Eilish Klaim Tetap Kena Body Shaming

"Ini teh latte rooibos almond (pesanan), silahkan dinikmati. Teh ini akan lebih nikmat jika Anda mengaduknya terlebih dahulu," ucap robot itu yang HAI kutip dari Reuters.

Setelah robot waiter sudah tiba di meja, pelanggan bisa langsung mengambil pesanan mereka yang diletakan di atas nampan robot tersebut.

Nampan pada robot waiter
reuters

Nampan pada robot waiter

Baca Juga: Xbox Series X Bakal Rilis Dengan Ribuan Gim Lawas Keluaran Microsoft

Kalau robot waiter nya bisa berbicara kepada pelanggan, kalau robot baristanya disebut bisa meracik 60 jenis minuman kopi loh sob.

"Sistem kami (robot barista) nggak membutuhkan input manual dari pemesanan hingga pengantaran," jelas Director of Research Vision Semicom, Lee Dong Bae.

Lee Dong Bae selaku pengembang robot tersebut mengatakan kehadiran robot ini bisa membantu para pelaku bisnis untuk tetap menerapkan physical distancing tanpa harus membuat pelanggan khawatir.

Berbicara soal phyisical distancing, sekalipun beroperasi, setiap meja dan kursi di cafe diberi jarak satu sama lain. Tujuan lainnya adalah untuk memudahkan pergerakkan robot barista pada saat mengantarkan pesanan kepada pelanggan.

Wah, inovasi begini keren nih kalau diterapin di Indonesia saat new normal diberlakukan. Setuju nggak? (*)

Source : kompas

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest