Follow Us

Keith Richards Ngaku Rekam Riff Gitar '(I Can Get No) Satisfaction' The Rolling Stones Saat Sedang Tidur

Bagas Rahadian - Selasa, 28 April 2020 | 13:00
Keith Richard 1965
Michael Ochs Archives/Getty Images

Keith Richard 1965

HAI-Online.com - Gitaris The Rolling Stones, Keith Richards, mungkin memang seorang musisi rock 'n' roll dan penulis lagu sejati.

Sampai-sampai, ia pernah menulis salah satu tembang hits The Stones, yakni '(I Can Get No) Satisfaction' dalam keadaan tertidur.

Seenggaknya cerita absurd tersebut diungkapakan sendiri oleh Keith dalam sejumlah wawancaranya, salah satunya dengan majalah Rolling Stone, dan buku yang ia sendiri tulis tahun 2010 berjudul 'Life'.

Sehingga, kita di sini pun nggak perlu repot-repot untuk melogikakakn kisah ini dan cukup hanya menyimak keabsurdannya.

Di bulan Mei 1965, Keith yang tengah melangsungkan tur ketiga The Stones, diketahui menginap di sebuah motel di Florida, Amerika Serikat, berdasarkan lapor majalah Rolling Stone.

Dan di sanalah peristiwa aneh tersebut terjadi, di mana Keith merekam lagu "Satisfaction", yang merupakan riff-riff mentah, dalam keadaan tidak sadar alias tertidur.

"Gue lagi sama cewek-cewek saat itu, di flat saya di Carlton Hill, St. John's Wood. Karena itu mungkin suasana lagunya," tulis Keith dalam bukunya, dikutip dari Biografi.

"Gue menulis 'Satisfaction' saat lagi tidur. Gue sendiri nggah nyadar pas menulisnya, dan hanya bersyukur ke Tuhan karena semua terekam di pemutar kaset kecil Philips."

"Adalah sebuah keajaiban karena gue lihat pemutar kaset pagi itu dan gue ingat kalo telah memasang kaset baru malam sebelumnya," pungkas Keith.

Baca Juga: Istri Mendiang Chester Bennington Diangkat Jadi Duta Kesehatan Mental

Penasaran sama kecenderungan nokturnalnya tersebut, Keith pun memutar rekaman tersebut dan menyimak rif gitar yang katanya ia mainkan dan rekam dalam keadaan tertidur.

Dan dari situlah ia memperoleh materi untuk penulisan lagu "Satisfaction" selanjutnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest