Follow Us

Jangan Langsung Tidur Abis Makan Sahur, Bisa Nimbulin Penyakit Berikut

Annisa Putri Salsabila - Minggu, 26 April 2020 | 22:15
Ilustrasi. tidur setelah sahur bisa sebabkan sakit
iStockphoto

Ilustrasi. tidur setelah sahur bisa sebabkan sakit

HAI-Online.com - Dalam satu bulan ini, kita memenuhi kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa di mana jadwal makan cuma dua, saat berbuka dan sahur.

Sahur mengharuskan kita bangun setiap hari lebih awal dari biasanya. Nggak jarang, tunai makan sahur, banyak orang memilih langsung untuk balik tidur, pertama karena kenyang, kedua nyambung ngantuk yang kepotong sahur tadi, jadinya lanjut rebahan dan tidur.

Eits, apakah kebiasaan ini cukup baik buat tubuh kita? Kalo mengutip dari KompasHealth pada (26/5/2018), dr Inge Permadi, MS, SpGK menyebut kalo sebenarnya tidur abis sahur nggak dilarang. Artinya boleh, asal...

Baca Juga: Tanggapi Pernyataan Paul McCartney, Mick Jagger: Perbedaannya Besar"Metabolisme tubuh nggak bakal ke ganggu hanya karena kita tidur" jawabnya.

Akan tetapi, perlu diperhatikan jarak waktu antara selesai makan dengan tidur.

"Ketika makanan masuk ke dalam tubuh kita, berarti tubuh kita sedang aktif. Bukan masalah metabolisme tubuh, tapi makanan adalah sumber energi. Ketika sumber energi nggak dipergunakan sama tubuh kita, yang akan terjadi akan ditumpuk," jelas dia. Menurut Inge, makanan yang ditumpuk bakal dipake waktu beraktivitas. Inilah yang jadi penting, untuk jarak antara selesai makan dengan waktu tidur.

Oleh karena itu, nggak disarankan untuk langsung tidur abis sahur. Lebih baik, melek zebentar, berkegiatan, ibadah atau mengerjakan karya.

Langsung tidur setelah sahur malah bisa bikin seseorang rentan mengalami gangguan pencernaan dan penyakit-penyakit berikut ini!

Baca Juga: 7 Manfaat Tidur dalam Posisi Miring, Dari Obat Maag Sampai Pencernaan1. Peningkatan asam lambung

Mengutip Kompas.com (22/5/2018), Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP selaku ahli gastroenterologi dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan, kalo langsung tidur setelah sahur sangat nggak direkomendasikan untuk orang normal.

Selain itu, langsung tidur setelah sahur juga nggak disarankan untuk penderita maag atau penyakit asam lambung (GERD).

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest