Follow Us

Waspada, Ada 500.000 Lebih Akun Zoom Dicuri dan Terjual di Web Gelap

Annisa Putri Salsabila - Kamis, 16 April 2020 | 19:15
zoom meeting on iphone
iStock Editorial

zoom meeting on iphone

Hai-Online.com - Dengan teknik phising, para hacker menjual setengah juta akun pengguna Zoom dengan harga 0,002 USD. Zoom adalah aplikasi telekonferensi yang paling diminati oleh penduduk dunia.

Menurut laporan, aplikasi ini sudah bertambah jumlah penggunanya hingga 2 juta user baru selama kuartal pertama tahun 2020.

Peningkatan jumlah pengguna Zoom dikarenakan adanya kebijakan work from home yang diberlakukan di beberapa negara.

Baca Juga: Nggak Lolos Kartu Prakerja Gelombang Pertama, Ikutin Cara Selanjutnya!

Meskipun Zoom hanya bisa digunain selama 40 menit dalam satu sesi, tapi aplikasi ini bisa menghadirkan fitur custom background yang menjadi daya tarik pengguna. Tapi, dengan tingginya peningkatan Zoom malah jadi target utama para penjahat cyber.

Beberapa waktu lalu diketahui kalo aplikasi telekonferensi milik Eric Yuan ini telah diserang sama hacker secara besar-besaran.

Diinformasikan juga kalo para hacker itu memberikan ancaman dengan hadirkan Zoombombing di ruang-ruang meeting.

Selain itu, hacker tersebut juga dikatakan mencuri data pribadi para pengguna aplikasi Zoom. Melansir dari AndroidAuthority, saat ini ada lebih dari 500.000 akun Zoom yang lagi dijual dan didistribusikan melalui forum web hacker gelap.

Baca Juga: Karena Hal Ini, Paul McCartney Yakin Kalo The Beatles Emang Lebih Baik dari The Rolling Stones

Laporan tersebut dikabarkan oleh Bleeping Computer pada Senin kemarin (14/4/2020). Pada pernyataannya, dilaporkan kalo hal itu terjadi karena adanya tindakan phising.

Hal tersebut merupakan teknik dimana peretas mengumpulkan isi kredensial yang terekspos dari kebocoran vendor lain. Kemudian mencari cara untuk menemukan password yang digunain pada aplikasi lain pengguna.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest