Follow Us

Nggak Lolos Kartu Prakerja Gelombang Pertama, Ikutin Cara Selanjutnya!

Annisa Putri Salsabila - Kamis, 16 April 2020 | 12:20
pendaftaran kartu prakerja di laman www.prakerja.go.id
www.prakerja.go.id

pendaftaran kartu prakerja di laman www.prakerja.go.id

Hai-Online.com- Pendaftaran gelombang pertama program Kartu Prakerja segera ditutup di hari ini, Kamis (16/4/2020). Sebelumnya, pendaftaran udah berjalan sejak Sabtu (11/4/2020).

Di gelombang pertama ini, pemerintah ngasih kuota sebanyak 164.000 orang. Sampai akhir tahun 2020, direncanakan bakal ada lebih dari 30 gelombang pendaftaran. Pendaftaran program dilakukan secara online melalui situs resmi www.prakerja.go.id.

Peserta yang bisa mendaftarkan diri adalah warga negara Indonesia (WNI) berusia di atas 18 tahun dan nggak lagi nempuh pendidikan formal.

Baca Juga: Merinding, Begini Kisah Addie MS yang Dipercayakan Buat Rekam Ulang Lagu Indonesia Raya

Saat melakukan pendaftaran melalui laman resmi yang disediakan sama pemerintah, peserta hanya diminta masukin sejumlah data pribadi seperti nama, tempat/tanggal lahir, Nomor Induk Kepegawaian (NIK), swafoto dengan KTP dan nomor telepon.

Pendaftaran Kartu Prakerja emang nggak dipungut biaya apa pun. Tapi, pendaftar nantinya harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang terdiri dari 19 soal.

Tes bakal berlangsung dengan waktu maksimal selama 25 menit, di mana hasil tes muncul sekitar 5 menit kemudian.Lalu giaman kalo pelamar nggak lolos di gelombang pertama pendaftaran?

Baca Juga: Informasi Lengkap Kartu Prakerja yang Memberi Bantuan Rp 3,5 juta Per Orang

Setiap seleksi gelombang punya periode tertentu. Ini beberapa hal yang harus diperhatikan terkait setiap gelombang seleksi Kartu Prakerja:

Jangan lupa segera mengikuti seleksi gelombang saat melakukan proses pendaftaran supaya nggak ketinggalan kuota. Kalo nggak dapet kuota gelombang yang dipilih, peserta bisa ikuti seleksi periode gelombang berikutnya.

Peserta yang nggak lolos seleksi gelombang karena kuota habis, nggak harus mengulang proses pendaftaran, dan bisa milih untuk ikut gelombang berikutnya tanpa daftar ulang.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest